Kota Bogor

Bima Arya Sampaikan Tiga Spirit Rekomendasi APEKSI untuk Pemerintah Pusat, Apa Saja?

Bima Arya Sampaikan Tiga Spirit Rekomendasi APEKSI untuk Pemerintah Pusat, Apa Saja?

Penulis: Cahya Nugraha | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Ketua APEKSI, Bima Arya dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APEKSI yang digelar di Kota Padang, Sumatera Barat pada Selasa (9/8/2022) 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Bima Arya menyampaikan tiga spirit atau semangat yang menjadi rekomendasi dan perlu dikoordinasikan bersama pemerintah pusat, yaitu memastikan semua langkah perubahan diakselerasikan tetap sejalan dengan roh otonomi daerah sebagai cita-cita reformasi. 

 

Kemudian, komitmen dan konsistensi pusat maupun daerah diperlukan untuk mengejar target yang ditetapkan.

Terakhir Bima Arya menyampaikan ilustrasi terkait banyaknya regulasi yang tidak matching, misalnya mandatory spending bagi pemerintah daerah. 

 

Hal ini disampaikannya saat penutupan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas APEKSI) ke-XV Tahun 2022 di Kota Padang. 

Turut hadir Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian dan Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah dan anggota DPR RI, Guspardi Gaus dan tamu undangan lainnya.

 

"Khusus yang terakhir saya menyampaikan ada hal-hal yang tidak sinkron. Sebagai pembina kami, Pak Menteri (Mendagri) akan mengayomi kami untuk mengkomunikasikan hal tersebut kepada seluruh menteri-menteri yang lain agar responsif," kata Bima Arya.

 

Daerah kata Bima Arya adalah bagian dari pemerintah pusat yang tidak hanya ingin menjadi instrumen sosialisasi, tetapi juga referensi ketika pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan. 

Baca juga: Miliki Tubuh Ideal, Donna Agnesia Bantah Karena Stres Ditinggal Jauh Anaknya

Baca juga: Susi Pudjiastuti Usulkan Penghentian Subsidi Solar untuk Nelayan, Ini Tanggapan Legislator RI

Disamping itu, Wali Kota Bogor ini menyatakan, tantangan yang dihadapi para wali kota saat ini luar biasa berat, seperti pemulihan ekonomi, tsunami regulasi dan pembangunan infrastruktur yang harus matching dengan pembangunan berkelanjutan. 

 

Selain itu daerah didorong untuk mengejar banyak target, salah satu diantaranya adalah komponen peningkatan dalam negeri dan diatas semua ada tahapannya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved