Depok Hari Ini

Depok Hari Ini, Selain Situ Rawa Kalong, Ini Fasilitas Publik yang Akan Dibangun

Masjid Margonda dan alun-alun wilayah Barat jadi fasilitas publik yang akan segera dibangun di Kota Depok

TribunnewsDepok.com/Vini Rizki Amelia
disaksikan Wali Kota Depok Mohammad Idris (baju putih), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menandatangani prasasti sebagai bentuk diresmikannya Situ Rawa Kalong, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jumat (5/8/2022) 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, CIMANGGIS - Revitalisasi Situ Rawa Kalong yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat membawa perubahan luar biasa bagi situ yang berlokasi Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok ini.

Tampilan baru yang lebih tertata dan kehadiran panggung terapung di tengah situ, membuat suasana semakin lengkap bagi warga yang ingin bertamasya ke Situ Rawa Kalong.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang datang untuk meresmikan secara langsung Situ Rawa Kalong berharap dengan adanya revitalisasi Situ Rawa Kalong dapat memberikan semangat bagi Kota Depok yang lebih baik lagi.

“Yang paling utama dari revitalisasi ini adanya inovasi berupa panggung yang mengapung di air, itu inovasi yang belum banyak dilakukan di Depok,” paparnya kepada wartawan seusai meresmikan Situ Rawa Kalong, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jumat (5/8/2022).

Tak kalah pentingnya juga bahwa revitalisasi ini membuat warga mudah dalam mengakses Situ Rawa Kalong jika dibandingkan dengan sebelum di revitalisasi.

Pepohonan yang berada di sudut-sudut Situ Rawa Kalong juga mengambil bagian dengan membawa keteduhan bagi pengunjung yang ingin duduk santai sembari menikmati suasana.

“Lokasi kita doorstop ini juga kan teduh, Depok biasanya terang panas, sekarang lebih adem karena banyak pohon, angin, ada air, ya itu bagian dari fasilitas,” pungkasnya.

“Terpenting tadi, fasilitasnya ada widewalk dan lun-alun kecil di atas air, instagramabel, dan juga bikin Bahagia,” tuturnya.

Mengenai waktu kunjungan bagi warga yang penasaran ingin merasakan suasana Situ Rawa Kalong, nantiya akan diatur oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris.

“Kuncinya satu, menjaga ketertiban, kebersihan, dan tentunya keselamatan. Biasanya jam-jam yang enak untuk menikmati situ itu dari Ashar lah ya sampai magrib, enggak terlalu panas sampai malam juga,” ujarnya.

Demi menjaga keamanan pengunjung, Ridwan Kamil mengatakan nantinya akan bertahap dikerjakan pemasangan CCTV.

Pelaksanaan tersebut sempat tertunda lantaran anggaran terkena refocusing akibat pandemic Covid-19.

“Jadi bertahap, nanti kelengkapan-kelengkapan apa yang kurang, bangku misalnya atau kurang tanaman, kurang CCTV, ditambahin sampai akhirnya lengkap menjadi saran publik yang aman, nyaman, dan senang,” tegasnya.

Selain Situ Rawa Kalong, proyek pengerjaan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk Kota Depok yakni infrastruktur underpass Dewi Sartika yang kini tengah dikerjakan dan ditargetkan selesai pada akhir 2022.

“Selain itu juga nanti akan dibikin masjid di Margonda, yang sedang proses desain saat ini juga ada alun-alun di Situ Tujuh Muara, banyak kalau buat warga Depok tercinta,” pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved