Talkshow PLN

PLN UID Jakarta Raya Beberkan Tips Penggunaan dan Membersihkan Kompor Induksi

Doddy melanjutkan, terdapat dua jenis kompor induksi yakni kompor induksi tanam dan kompor induksi portable.

Editor: Umar Widodo
Warta Kota/Yolanda Putri Dewanti
Talkshow New Lifestyle with Kompor Induksi yang berlangsung di Plataran Kinandari, Jalan Durian No.26, Jagakarsa, Jakarta Selatan.(Yolanda Putri Dewanti)   

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAGAKARSA - General Manager PLN Unit Industri Distribusi (UID) Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan membeberkan tips membersihkan kompor induksi.

Hal itu dikatakannya saat memberikan paparan di Talkshow New Lifestyle with Kompor Induksi yang berlangsung di Plataran Kinandari, Jalan Durian No.26, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Sebelum membersihkan kompor pastikan seluruh sambungan listrik terputus atau mati, untuk membersihkan kotoran gunakan sabun spray jika kotoran hanya sedikit gunakan kain lap untuk membersihkannya," ucap Doddy di lokasi, Kamis (4/8/2022).

"Jangan mencuci kompor secara langsung atau memasukkan dalam air karena dapat terjadi hubungan arus pendek listrik," imbuhnya.

Doddy melanjutkan, terdapat dua jenis kompor induksi yakni kompor induksi tanam dan kompor induksi portable.

"Pada kompor induksi tanam terdapat dua tungku sampai empat tungku. Jenis ini paling banyak dimanfaatkan di apartemen dan hunian modern kompor induksi tanam tampil estik karena tertanam atau terpasang pada kabinet bagian bawah kitchen set atau countertop di dapur," jelas dia.

"Sedangkan, kompor induksi portable kompor ini dapat dipindahkan terdapat jenis kompor satu tungku dan kompor dengan beberapa tungku dilihat dari bentuknya cenderung tipis dan ringan sehingga dapat membawanya dengan mudah," tambah pria yang menganakan kaos merah itu.

Selain itu, dirinya juga mengatakan bahwa kompor induksi dari segi keamananya nomor satu. Tidak menimbulkan api saat pemakaian sehingga lebih aman dan sehat tanpa asap.

Baca juga: Tekan Impor LPG, PLN Dorong Penggunaan Kompor Listrik

"Lalu, anti kompor meledak risiko kebakaran kecil dan terhindar dari ledakan akibat tabung gas. Nggak pakai ribet praktis dan mudah dipindahkan, tak perlu repot bingkai pasang tabung gas, ramah di kantong biaya pemakaian lebih hemat waktu memasak lebih singkat karena panas yang dihantarkan lebih cepat dan merata, dan mengurangi impor elpiji sehingga APBN negara lebih hemat," paparnya.

Pengalaman Frida Masak Pakai Kompor Induksi, Lebih Praktis dan Mudah

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved