Pemutaran Film Baru

Joko Anwar Sutradara dan Penulis Skenario Beri Bocoran Cara Membuat Film Horor Laris

Kata Joko Anwar, dari cara pengambilan gambar, dirinya mengusahakan agar bisa mendapatkan hasil yang senatural mungkin.

Editor: Umar Widodo
Warta Kota/Ikhwana Mutuah Mico
Joko Anwar bersama tim produksi film 'Pengabdi Setan 2' hadir pada launching film yang berlangsung di XXI Epicentrum, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (2/8/2022) 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com,  Ikhwana Mutuah Mico

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Setelah sekira 4.000 tiket ludes dibeli oleh penonton film 'Pengabdi Setan 2: Communion',  Joko Anwar, penulis skenario sekaligus sutradara mengungkapkan caranya membuat suatu film horor.

Kata Joko Anwar, dari cara pengambilan gambar, dirinya mengusahakan agar bisa mendapatkan hasil yang senatural mungkin.

Ditambah lagi setiap karakter betul-betul mendalami skenarionya jauh lebih matang dibandingkan film pertama.

"Rahasia film horor itu sebenarnya satu saja, yaitu membuat penonton peduli dengan setiap karakternya. Kalau kita nggak khawatir dengan karakternya yang kenapa-kenapa, itu hanya sekadar jumpscare," ucap Joko di XXI Epicentrum, Setiabudi, Jakarta Seltan, Selasa (2/8/2022).

Sutradara asal Medan dan lulusan dari S1 Teknik Penerbangan ITB itu membuat setiap karakternya memiliki cerita yang mencekam bagi penontonnya sendiri.

Joko Anwar, penulis skenario dan sutradara film 'Pengabdi Setan 2' hadir diacara pemutaran film perdana dan memberikan cara membuat film horor laris
Joko Anwar, penulis skenario dan sutradara film 'Pengabdi Setan 2' hadir diacara pemutaran film perdana dan memberikan cara membuat film horor laris (Warta Kota/Ikhwana Mutuah Mico)

Sebagai sutradara, dia ingin penonton ikut merasakan apa yang dirasakan oleh setiap pemain yang ada didalamnya.

Sangking detailnya, saat mengambil adegan ditempat gelap, lokasi syuting pun benar-benar dalam keadaan gelap dengan pencahayaan yang natural. 

Seperti halnya ketika adegan yang menggunakan alat penerangan seperti senter dan korek, maka pencahayaan benar benar hanya dari alat-alat tersebut.

"Ditambah juga sound yang natural, ini semua sains lho ya bukan sembarangan. Kami mau bercerita lewat indra, bukan cuma lewat visual yang flat Ketika gambar tidak natural, itu hanya mata yang diberikan sajian, tapi indra kita terasa ditipu," ujar Joko.

Untuk menghadirkan cerita itu, Joko juga menyuguhkan skenario yang lebih matang berdasarkan tujuan awal dirinya memproduksi Pengabdi Setan, yakni membangun kepustakaan horor Indonesia. 

Baca juga: Ini 5 Film Indonesia yang Tayang di Bioskop Bulan Agustus, Ada Pengabdi Setan dan Sayap-sayap Patah

Baca juga: VIDEO : Film Pengabdi Setan 2 Tayang Agustus 2022 Hadirkan Sosok Ibu

Lebih lanjut, Joko Anwar menyebut jika film 'Pengabdi Setan' pertamanya merupakan Benchmark terendah film horor.

Sampai pada akhirnya untuk film lanjutannya ini dirinya memperkuat ceritanya lagi.

"(Pengabdi Setan) itu benchmark terendah standar horor Indonesia Mau nggak mau (film) yang kedua harus setingkat lebih tinggi, kami sepakat persiapannya panjang," tutupnya.

Diketahui, Rapi Films bekerja sama dengan Coine and See Pictures, Sky Media, Brown Entertainment, and Legacy Pictures, telah meluncurkan trailer yang melanjutkan cerita dari film pertamanya.

Para pemeran utama dipastikan akan kembali hadir seperti Tara Basto, Bront Palarac, Endy Arfian.

Tak hanya itu, akan ada Nasar Anuz, Egi Fedly, Ayu Laksmi.

Juga tambahan bintang lainnya seperti Muzakki Ramdhan, Fatih Unru, Ratu Felisha, Jourdy Pranata, Kiki Narendra, Nafiza Fatia Rani dan Iqbal Sulaima. (m30)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved