Berita UI

Universitas Indonesia Mau Bikin Bus Listrik yang Banyak, Ujicoba di Jalur Tranjakarta Hingga Oktober

ujicoba di Jalur Tranjakarta hingga Oktober 2022, Universitas Indonesia mau bikin bus listrik yang banyak.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
Universitas Indonesia Mau Bikin Bus Listrik yang Banyak, Ujicoba di Jalur Tranjakarta Hingga Oktober 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MASUniversitas Indonesia mau bikin bus listrik yang banyak, ujicoba di Jalur Tranjakarta hingga Oktober 2022.

Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (PERIKLINDO) menyelenggarakan pameran khusus kendaraan listrik bertajuk PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) pada 22-31 Juli 2022 di Jakarta Internasional Expo (JIEXPO), Kemayoran, Jakarta Pusat.

PEVS merupakan ajang pameran yang menjadi wadah bagi para pelaku industri kendaraan listrik, industri pendukung hingga UMKM dan industri kreatif untuk bersiap menyambut era elektrifikasi.

Baca juga: Kuliah di Universitas Indonesia Makin Nyaman, FTUI Punya 9 Kelas yang Miliki Fitur Canggih

Dalam pameran yang pertama kali mengangkat kendaraan listrik, tidak hanya mobil dan motor listrik saja yang dapat dinikmati oleh pengunjung, namun berbagai kategori kendaraan listrik dan industri pendukung serta turunannya termasuk Bus Listrik Universitas Indonesia (UI) juga turut serta dipamerkan.

Dengan terpilihnya Indonesia menjadi Presidensi G20 tahun 2021-2022, dan untuk mendukung Pemerintah dalam penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia, bus listrik hasil rancangan dan produksi anak bangsa yang lahir dari ide periset Fakultas Teknik Universitas Indonesia menjadi salah satu kendaraan listrik lokal yang beroperasi.

Bus listrik tersebut merupakan kolaborasi dengan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) selama hampir tiga tahun dalam pembuatannya, di mana PT MAB berperan sebagai praktisi industri dalam negeri.

“Dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) bus adalah yang tertinggi di Indonesia untuk kelas bus berukuran besar, yaitu ukuran panjang 12 meter dan bobot maksimal 16 ton, pengembangan teknologi ini akan diperkenalkan pada puncak Presidensi G20 di Bali,” Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UI, drg. Nurtami, Ph.D., Sp,OF(K).

Baca juga: Universitas Indonesia Petakan Kota Berkelanjutan di Indonesia, Dapat Jadi Perhatian Pemerintah

Dalam kesempatan itu, drg. Nurtami menyampaikan bahwa Kendaraan Bus Listrik UI saat ini masih tahap penyempurnaan.

"Kami terus berupaya mengembangkan teknologi dan membuat lebih banyak unit bus lagi ke depannya. UI berencana menambah unit bus listrik dengan ukuran 10 meter dan 12 meter.” ujarnya.

Menurut Direktur Inovasi dan Science Techno Park UI, Ahmad Gamal, S.Ars., M.Si., M.U.P., Ph.D., rancangan Bus Listrik UI telah menggunakan TKDN yang tinggi.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved