Berita UI

Universitas Indonesia Petakan Kota Berkelanjutan di Indonesia, Dapat Jadi Perhatian Pemerintah

Pertama di Indonesia, Universitas Indonesia petakan kota berkelanjutan di Indonesia, dapat jadi perhatian pemerintah melalui greencitymetric.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
Universitas Indonesia Petakan Kota Berkelanjutan di Indonesia, Dapat Jadi Perhatian Pemerintah 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - melalui greencitymetric Universitas Indonesia petakan kota berkelanjutan di Indonesia, dapat jadi perhatian pemerintah.

Universitas Indonesia memberikan masukan kepada pemerintah pusat dan daerah untuk mengembangkan kota sesuai dengan tiga pilar.

Akhirnya setelah selama 12 tahun UI telah melaksanakan UI GreenMetric World University Rankings.

Baca juga: Universitas Indonesia Terima 5.299 Mahasiswa Baru di Simak UI 2022, Kedokteran dan Hukum Terfavorit

Tahun ini UI umumkan UI GreenCityMetric, yaitu daftar Kabupaten/Kota berkelanjutan di Indonesia.

“Perkembangan dalam bidang keberlanjutan dirasa cukup penting tidak hanya bagi institusi pendidikan seperti universitas namun juga bagi cakupan area/wilayah yang lebih luas lagi seperti Kabupaten/Kota," kata Ketua UI GreenMetric, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.M., M.Sc., dalam “Pengumuman dan Pemberian Anugerah UI Greencitymetric Rankings 2022”, Kamis (21/07).

"Oleh karena itu, UI GreenMetric sebagai pemeringkatan universitas di bidang keberlanjutan melakukan inovasi serta penyesuaian indikator agar penilaian terkait dengan keberlanjutan juga dapat dilakukan bagi Kabupaten/Kota di Indonesia melalui UI GreenCityMetric,” tambahnya.

Prof. Riri menyampaikan bahwa pemeringkatan kota/kabupaten pertama di Indonesia ini dilandasi atas tiga pilar, yakni Lingkungan Hidup, Ekonomi, dan Sosial dengan bobot indikator penilaian.

Penilaian tersebut terdiri atas Penataan Ruang dan Infrastruktur (16 persen), Energi dan Perubahan Iklim (19 % ), Tata Kelola Sampah dan Limbah (19 % ), Tata Kelola Air (15 % ), Akses dan Mobilitas (16 % ),  dan Tatapamong/Governance (15 % ).

“Adanya UI GreenCityMetric ini menjadi platform untuk melihat isu-isu keberlanjutan yang ada di kota/kabupaten di Indonesia. Diharapkan pula isu-isu keberlanjutan di Kabupaten/Kota di Indonesia menjadi isu nyata yang dapat mulai dibicarakan dan diperhatikan oleh pemerintah daerah dan pusat di Indonesia,” ujar Guru Besar Fakultas Teknik UI dengan kepakaran teknologi informasi atau komputer.

Berdasarkan Pemeringkatan UI GreenCityMetric 2022, Kota Semarang, Jawa Tengah, menjadi Kota Berkelanjutan Terbaik di Indonesia.

Baca juga: Mahasiswa Universitas Indonesia Didorong Jadi Pengusaha untuk Buka Lapangan Pekerjaan

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved