Bencana Alam

Desak Anies Tanggulangi Banjir Jakarta, Politisi PDIP : Gagah di Kata-kata, Lemah di Pelaksana

92 RT di 14 Kecamatan Kebanjiran, PDIP Desak Anies Tanggulangi Banjir Jakarta : Gagah di kata-kata, tetapi lemah di pelaksana

Editor: Dwi Rizki
netralnews.com
Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan DKI Jakarta Gembong Warsono 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menanggulangi banjir secara maksimal.

Hal ini buntut musibah banjir yang melanda 92 RT dari 14 kecamatan di DKI Jakarta pada Sabtu (16/7/2022) lalu.

 

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan, banjir yang kembali terjadi mengindikasikan Anies Baswedan tidak fokus dalam melaksanakan progam penanggulangan banjir Ibu Kota.

Padahal Pemprov DKI Jakarta telah menggelontorkan duit hingga triliunan rupiah untuk program penanganan dan penanggulangan banjir.

“Kami mendesak Gubernur dan Pemprov DKl Jakarta untuk fokus melanjutkan penanggulangan banjir di Jakarta. Proyek normalisasi dan pengerukan kali menjadi hal wajib harus segera dikerjakan,” kata Gembong pada Selasa (19/7/2022).

 

Menurutnya, program penanggulangan banjir sebetulnya telah masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2017-2022 kepemimpinan Anies Baswedan selama di Jakarta.

Namun menjelang lima tahun kepemimpinannya, atau tepatnya pada 16 Oktober 2022 nanti, rupanya program ini tidak berjalan optimal.

 

Misalnya proyek Normalisasi atau naturalisasi sungai yang justru menimbulkan perdebatan dalam penggunaan istilah.

Kemudian, program sumur resapan yang menghabiskan ratusan miliar rupiah dan pengerukan sungai serta waduk yang tidak optimal dan tidak terlaksana dengan tepat

Baca juga: Burhanudin Berharap KEK Lido Jadi Titik Bangkit Perekonomian Kabupaten Bogor

Baca juga: Pilkada DKI Jakarta Masih Jauh, Anies Boleh Gonta-Ganti Pejabat Jelang Pensiun Oktober 2022

“Kami melihat yang dilakukan oleh Pak Gubernur ini gagah di kata-kata, tetapi lemah di pelaksana,” ujar Gembong yang juga menjadi anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta ini.

 

Gembong menambahkan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Seokarnoputri dan Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta Adi Wijaya telah menginstruksikan kepada Fraksi PDI Perjuangan untuk membantu warga yang terdampak banjir.

Mulai dari turun ke lapangan untuk memberi logistik, mendata banjir dan sebagainya.

 

“Berdasarkan pengecekan di berbagai titik banjir yang dilakukan oleh anggota Fraksi PDIP, ketinggian banjir yang melanda Ibu Kota kali ini bervariasi. Mulai dari 40 sentimeter hingga 200 sentimeter, ini terjadi seperti di RT 04/14 Kelurahan Bintaro dan RT 03/03 Cilandak Timur,” jelasnya. 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved