Breaking News:

Beji Depok

Kabar Kecamatan Beji Depok, Frina Shaurin dari Tanah Baru Jadi Teladan 1 Bunda PAUD Tingkat Nasional

Frina Shaurin Bunda PAUD Kelurahan Tanah Baru Kota Depok sukses mengungguli sembilan perwakilan provinsi lain

Editor: murtopo
Istimewa
Bunda PAUD Kelurahan Tanah Baru asal Kota Depok Frina Shaurin yang mewakili Provinsi Jawa Barat mampu meraih prestasi sebagai Teladan Satu Apresiasi Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat nasional. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, BEJI -- Kabar Kecamatan Beji Depok hari ini datang dari Frina Shaurin Bunda PAUD Kelurahan Tanah Baru Kota Depok.

Prestasi membanggakan diraih oleh Frina Shaurin Bunda PAUD Kelurahan Tanah Baru Kota Depok yang mewakili Provinsi Jawa Barat mampu meraih prestasi sebagai Teladan Satu Apresiasi Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat nasional.

Seperti dilansir dari berita.depok.go.id, Frina Shaurin Bunda PAUD Kelurahan Tanah Baru Kota Depok sukses mengungguli sembilan perwakilan provinsi lain, di antaranya, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo, Riau, Aceh, Bengkulu, Jambi dan Jawa Tengah.

“Saya lakukan paparan secara daring pada Kamis 18 November 2021. Paparan dilakukan selama 25 menit di hadapan para penilai tingkat nasional. Alhamdulillah walau waktu persiapan kami sangat singkat, tapi tetap berusaha memberikan yang terbaik untuk Kota Depok,” kata Bunda Frina, sapaannya, kepada berita.depok.go.id, Senin (11/07/22).

Baca juga: Kabar Kecamatan Bojongsari Depok, Setiap Jumat Bayar Pajak Kendaraan Bisa di Kelurahan Duren Seribu

Dikatakannya, kunci ia berhasil unggul berkat sejumlah program rutin dan unggulan yang dipaparkannya. Ditambah dengan dukungan dari Peraturan Wali Kota (Perwal) Depok Nomor 70 Tahun 2019 tentang PAUD.

Sebab, Kota Depok yang pertama mempunyai regulasi tentang PAUD ini.

“Untuk rutin di Tanah Baru kami melakukan pembinaan Bunda PAUD kepada lembaga dan tenaga pendidik, melakukan rapat koordinasi (rakor) internal Pokja PAUD dan juga eksternal lintas sinergisitas. Juga melakukan kegiatan edukasi parenting seminar dan sebagainya,” jelasnya.

Baca juga: Kabar Kecamatan Cimanggis Depok, Pokdarkamtibmas Gelar Latihan Penyelamatan dan Evakuasi Banjir

Selain itu, pihaknya rutin membangun kemitraan dengan Perangkat Daerah terkait, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Forum PAUD, Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI), Ikatan Guru Taman Kanak - kanak Indonesia (IGTKI).

Serta melakukan advokasi alokasi dukungan dana dari APBD untuk kegiatan Bunda PAUD dan Pokja Bunda PAUD.

“Kami terus berpartisipasi dalam kegiatan musrenbang, dengan memberikan usulan program Peningkatan Kualitas PAUD dari segi sarana dan prasarana lembaga,” tuturnya.

Sedangkan, sambung Bunda Frina, untuk program unggulan yang dipaparkan berkaitan dengan upaya pencegahan stunting.

Baca juga: Kabar Kecamatan Sukmajaya Depok, Beton Penutup Saluran Air Dipasang Miring di Jembatan Panus

Bunda PAUD Kelurahan Tanah Baru ini berkerja sama dengan Kelurahan, TP-PKK Kelurahan setempat, Puskesmas dan Lembaga PAUD meluncurkan inovasi lewat Gerakan Keluarga Cegah Stunting Beji Depok atau Gasing Beji Depok

“Gasing Beji Depok ini berupa kegiatan sosialisasi dan edukasi keluarga tentang pencegahan stunting. Lalu kegiatan pemantauan status gizi anak, dan pendampingan serta rujukan bagi anak," ungkapnya.

"Lalu juga memberikan apresiasi kepada anak-anak usia dini yang telah melakukan imunisasi dasar dengan lengkap berupa piagam dan medali,” ujarnya.

Baca juga: Kabar Kecamatan Bojongsari Depok, Wali Kota Mohammad Idris Canangkan 11 Kampung KB Percontohan

Lebih lanjut, kata dia, pihaknya terus mensosialisasikan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada masyarakat sebagai bentuk perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional anak-anak yang ada di wilayah.

Kemudian, melakukan roadshow Dongeng Stop Kekerasan Pada Anak (SKPA).

"Ini sebagai upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak. Maka bunda PAUD bekerja sama dengan Kelurahan Layak Anak, TP-PKK Kelurahan setempat, Lembaga PAUD, Komunitas Pendongeng, melakukan roadshow dongeng Stop Kekerasan pada Anak. Tentu tema yang diambil ialah Aku Anak Tangguh, Bisa Jaga Diri Sendiri,”t ujarnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved