Virus Corona

Kasus Covid-19 Kembali Meningkat, Status PPKM DKI Jakarta dan Sekitarnya Naik Jadi Level 2

Kasus Covid-19 Varian Omicron Meningkat, Status PPKM DKI Jakarta dan Sekitarnya Naik Jadi Level 2

Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Covid-19 Varian Omicron 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) DKI Jakarta naik dari level satu menjadi level dua.

Kebijakan ini tercantum dalam Inmendagri Nomor 34 tahun 2022 tentang PPKM Level 2 dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

 

Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan pada Kemendagri Safrizal mengatakan, kebijakan ini mulai dari dari 5 Juli sampai 1 Agustus 2022 mendatang.

Pada pelaksanaan PPKM kali ini perlu ada perhatian serius kepada seluruh pihak, khususnya Jawa Bali yang kembali ada daerah dengan status PPKM Level satu.

“Akhir-akhir ini kita melihat adanya peningkatan kasus Covid-19 dikarenakan adanya penyebaran varian BA.4 dan BA.5,” kata Safrizal berdasarkan keterangannya pada Selasa (5/7/2022).

 

“Beberapa daerah terpaksa harus dinaikkan menjadi Level 2 yaitu Provinsi DKI Jakarta, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Sorong,” lanjutnya.

Baca juga: HUT ke-76 Bhayangkara, Kapolresta Bogor Kota Apresiasi dan Minta Maaf kepada Jajaran

Baca juga: Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Perkuat Mental Pemain untuk Hadapi Thailand di Piala AFF U-19

Menurut dia, saat ini terdapat 114 daerah dengan status PPKM level satu di Jawa-Bali berdasarkan indikator transmisi komunitas.

Angka ini menurun dari pelaksanaan Inmendagri sebelumnya, yaitu ada 128 daerah yang menerapkan PPKM level 1.

 

Sedangkan jumlah daerah dengan status level dua meningkat menjadi 14 daerah, dari yang sebelumnya tidak ada satupun daerah yang berada di level dua.

Dalam pelaksanaan PPKM Luar Jawa Bali, kondisinya masih sama, yaitu 385 daerah berstatus PPKM level satu, dan hanya satu daerah berstatus PPKM level dua.

 

“Namun ada pergantian daerah yang berada di level dua yang sebelumnya adalah Kabupaten Teluk Bintuni, beralih menjadi Kabupaten Sorong,” ujar Safrizal yang juga menjadi Wakil Ketua III Satgas Penanganan Covid-19 Nasional ini.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved