FIBA Asia Cup

Menpora Zainudin Amali Pastikan Indonesia siap Gelar FIBA Asia Cup 2022

Persiapan FIBA Asia Cup 2022 yang bergulir pada 12-24 Juli mendatang di Istora Senayan, Jakarta itupun kini hampir rampung.

Penulis: Alfarizy Ajie Fadhilah | Editor: Umar Widodo
Kemenpora.go.id
Menpora Zainudin Amali beserta perwakilan Panitia Penyelenggara FIBA Asia Cup 2022, Perbasi, dan Polri saat memberikan keterangan terkait persiapan Indonesia sebagai tuan rumah FIBA Asia Cup 12-24 Juli, Senin (27/6/2022) (Tribunnews.com/Alfarizy AF)   

Laporan wartawan Tribunnews.com, Alfarizy AF

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Indonesia menjadi tuan rumah dalam gelaran kejuaraan basket tingkat Asia pada Juli mendatang.

Persiapan FIBA Asia Cup 2022 yang bergulir pada 12-24 Juli mendatang di Istora Senayan, Jakarta itupun kini hampir rampung.

Hari ini, Menteri Pemuda dan Olahraga telah melakukan rapat kordinasi (rakor) dengan beberapa instansi ayau stakeholder terkait.

Dalam rakor tersebut, Menpora Amali menyebut pembahasan mengarah ke soal persiapan akhir dari penyelenggaraan FIBA Asia Cup yang hanya menghitung hari.

"Kita baru saja melakukan rakor tentang persiapan terakhir penyelenggaraan FIBA Asia Cup, yang tersisa 15 hari lagi. Tadi lengkap semua, instansi hadir, dari Kemenko PMK, Mensesneg, PU, Kesehatan, BNPB, Keuangan, Kumham, kemudian juga dari Kemlu, juga hadir dari Menhub, Parekraf, kemudian dari Menkominfo, BNPB, dan teman-teman dari Mabes Polri dan Metro Jaya, dari GBK juga hadir,"kata Amali kepada awak media, Senin (27/6/2022).

"Yang dibahas tadi pertama, penyampaian persiapan dari Perbasi dan panpel juga hal-hal penting lainnya, agar dipercepat, tetapi secara keseluruhan,"lanjutnya.

"Apa yang disampaikan oleh panpel dan Persbasi dan respons dari kementerian dan lembaga tadi, menganggap bahwa ini sudah dalam keadaan siap jadi tuan rumah,"ujar Amali melanjutkan.

Tak hanya itu, Menpora Amali pun kembali menyinggung soal target keberhasilan pada FIBA Asia Cup mendatang. Tak hanya soal performa timnas Indonesia, Amali juga menyebutkan beberapa target lainnya.

Baca juga: Junas Miradiarsyah: Hindari Calo Tiket, Panitia FIBA Asia Cup 2022 Hanya Jual Tiket Lewat Online

"Beberapa hari yang lalu pernah saya sampaikan kepada media, bahwa kita punya target yakni sukses penyelenggaraan, kemudian sukses prestasi Timnas, sukses administrasi, pengelolaan, akuntabilitas," kata Amali.

Baca juga: 14 Pebasket Terpilih Dalam Timnas Ikuti Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Zona Asia Grup C

"Kita tidak ingin terjadi apa-apa. Timnasnya bagus masuk FIBA World Cup, tapi masalah di administrasi tadi itu yang kita tidak mau," lanjutnya.

Tak hanya itu, Menpora Amali juga menekankan bahwa turnamen ini tetap menggunakan protokol kesehatan (prokes) yang berlaku di Indonesia.

Amali tak ingin terjadi suatu hal yang tidak baik yang dapat menggangu performa tim yang bertanding di FIBA Asia Cup mendatang.

"Kita juga memastikan bahwa penyelenggaraan ini sangat memerhatikan prokes karena sekarang pandemi masih, itu juga jadi catatan, dari pengamanan juga bagaimana para peserta yang datang itu mendapatkan pelayanan yang baik, mereka nyaman bertanding di Indonesia, dan bawa kesan baik setelah pulang ke negara masing-masing,"kata Amali.

Junas Miradiarsyah ketua panitia pelaksana FIBA Asia Cup 2022
Junas Miradiarsyah ketua panitia pelaksana FIBA Asia Cup 2022 (Instagram)
Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved