Breaking News:

Perkembangan Sosek Malindo, Dirjen Bina Adwil Tegaskan Perkuat Kerjasama di Kawasan Perbatasan

Delegasi Indonesia yang diketuai oleh Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa  dan beranggotakan penjabat dari Kementerian/Lembaga,

Editor: Umar Widodo
Istimewa
Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa dan tpenjabat terkait bersama delegasi Malaysia yang diketuai oleh Panglima Angkatan Tentara Malaysia, Jenderal Tan Sri Dato’ Sri Haji Affendi Bin Buang menghadiri acara Persidangan Ke-16 High Level Committee (HLC) Indonesia-Malaysia pada hari Kamis, (23/6/2022) di Bandung 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Persidangan Ke-16 High Level Committee (HLC) Indonesia-Malaysia digelar pada hari Kamis, 23 Juni 2022 di Bandung, dimana dalam kesempatan ini Pemerintah Indonesia bertindak selaku tuan rumah. 

Delegasi Indonesia yang diketuai oleh Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa  dan beranggotakan penjabat dari Kementerian/Lembaga, antara lain: Mabes TNI, POLRI, Kemendagri, dan Basarnas.

Adapun, Delegasi Malaysia diketuai oleh Panglima Angkatan Tentara Malaysia, Jenderal Tan Sri Dato’ Sri Haji Affendi Bin Buang dan beranggotakan Pejabat dari Markas Angkatan Tentara Malaysia dan Pejabat Terkait lainnya. 

Salah satu agenda dalam Persidangan Ke-16 HLC adalah pelaporan sub forum dibawah organisasi HLC, yaitu: Coordinated Operation Control Committee (COCC), Jawatan Kuasa Latihan Bersama (JKLB), Joint Police Cooperation Committee (JPCC), dan Kelompok Kerja/Jawatan Kuasa Kerja Sosio Ekonomi Malaysia- Indonesia (KK/JKK SOSEK MALINDO).

Baca juga: Disemprot Dirjen Kemendagri karena Kinerja Mengecewakan, Ini Tanggapan Kadisdukcapil Kabupaten Bogor

Baca juga: Kemendagri Ungkap Delapan Titik Rawan Korupsi, Urutan Pertama Perencanaan APBD dan Pengadaan Barang

Dalam laporannya, Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan selaku Ketua KK SOSEK Indonesia menyampaikan kegiatan kerjasama SOSEK MALINDO periode september 2019 sampai dengan Juni 2022, yang meskipun dalam suasana pandemi Covid-19 telah dapat terlaksana Persidangan ke-16 Sekretariat Bersama (Sekber) Khas/ Khusus JKK/KK SOSEK MALINDO dan Persidangan JKK/KK SOSEK MALINDO Khas/Khusus Pada tahun 2021 secara virtual. 

“Kerjasama KK/JKK SOSEK MALINDO dan Sub Organisasi dibawahnya telah memperkuat kerjasama bilateral Indonesia-Malaysia dibidang sosial-ekonomi di Kawasan Perbatasan, diantaranya fasilitasi perdagangan di Kawasan Perbatasan pada masa pandemi covid-19 dan kegiatan yang bertujuan agar komunikasi pada forum KK/JKK SOSEK MALINDO tetap terjalin dengan baik khusunya di masa pandemi” jelas Safrizal.

Safrizal ZA
Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, DR. Safrizal ZA hadir sebagai narasumber di acara persidangan Ke-16 High Level Committee (HLC) Indonesia-Malaysia

Dalam persidangan tersebut, Forum SOSEK MALINDO memberikan saran perlunya didorong penyelesaian review BCA 2006 dan BTA 1970 serta penyelesaian isu terkait roadtax khususnya di Kawasan Entikong.

"Perlu menjadi perhatian bahwa perlu untuk mendorong perdagangan lintas batas guna peningkatan ekonomi di Kawasan Perbatasan dan perlunya kerjasama pencegahan, penyelundupan barang-barang terlarang", sambung Safrizal.

Dalam kesempatan ini, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memberikan penekanan yang disampaikan kepada Ketua KK/JKK SOSEK MALINDO, untuk meneruskan kegiatan kerjasama yang tertunda, termasuk menyempurnakan proyek pembangunan di Kawasan Perbatasan dan mendorong penuntasan pembahasan review Border Crossing Agreement (BCA) 2006 dan Border Trade Agreement (BTA) 1970. 

Adapun, berdasarkan prinsip resiprokal, Persidangan Ke-17 HLC MALINDO akan diselenggarakan di Malaysia dan waktu yang disepakati bersama.

"Tentunya berbagai instrumen komunikasi terus kita lakukan, tidak hanya untuk mempererat hubungan kedua negara, namun juga mampu membawa dampak positif bagi kesejahteraan rakyat Indonesia di kawasan perbatasan," pungkas Safrizal.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved