Standar Kota Ramah Lansia WHO Terlalu Tinggi, Depok Cari Penyeimbang dari Pakar UI

Pemerintah Kota Depok masih mencari ukuran standarisasi yang tepat sesuai standar WHO dan Kementerian untuk wujudkan Depok kota ramah Lansia

TribunnewsDepok.com/Vini Rizki Amelia
Wali Kota Depok Mohammad Idris (kaos putih selendang oranye) dan Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono (topi oranye) saat berfoto bersama para lansia seusai memberikan bantuan berupa kursi roda dalam perayaan Puncak Acara Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Alun-Alun Kota Depok, Cilodong, Kota Depok, Rabu (22/6/2022). 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, CILODONG - Wali Kota Depok Mohammad Idris mengaku pihaknya masih memiliki sejumlah kendala dalam mewujudkan Depok sebagai kota ramah lanjut usia (Lansia).

Dalam perayaan Puncak Acara Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), Idris mengatakan salah satu diantaranya adalah membangun taman lansia.

Pria yang menjabat periode keduanya sebagai pucuk pimpinan eksekutif di Kota Depok ini mengklaim sudah mencari-cari lokasi untuk dibuatkan taman lansia.

“Area sekecamatan kit acari untuk membuat taman, di kelurahan juga banyak tempat-tempat (yang disurvei) tetapi memang belum bisa dibangun, sebab ada standarnya, minimal luas tanahnya 700 meter,” tutur Idris kepada wartawan seusai perayaan Puncak Acara HLUN di Alun-Alun Kota Depok, Cilodong, Kota Depok, Rabu (22/6/2022).

 

Simak video terkait berikut ini:

 

Dengan kondisi tersebut, suami dari Elly Farida ini belum bisa memasang target kapan Depok akan menjadi kota ramah lansia.

Dalam mewujudkan Depok kota ramah lansia, lanjut Idris dibutuhkan komitmen bersama sejumlah pihak termasuk DPRD dan perusahaan-perusahaan dalam menyokong utamanya mengenai pendanaan.

“Pertama memang membutuhkan political will. Kedua, komitmen, artinya bukan cuma komitmen kita (Pemkot Depok) saja tapi stakeholder juga,” pungkasnya.

“Kalau hanya kita yang bertekad tapi semua enggak bertekad, sulit juga,” katanya.

Baca juga: Dikira Maling Mobil, Lansia Meregang Nyawa Dikeroyok Massa di Cakung

Diselenggarakannya puncak acara HLUN diharapkan Idris dapat menjadi titik awal Kota Depok untuk bertahan dalam memberdayakan para lansia.

Sejauh ini kajian dalam menghadirkan Depok kota ramah lansia diakui Idris sudah dilakukan, hanya saja pihaknya masih mencari ukuran standar yang tepat.

Ukuran tersebut nantinya dengan menyeimbangkan antara standar ukuran WHO dan kementerian terkait.

Halaman
12
Sumber: Tribun depok
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved