Cilodong Depok

Pemerintah Kota Depok Tak Miliki Kewenangan Membuka Perlintasan Kereta di Jalan Raya Rawageni

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk membuka perlintasan kereta sebidang di Jalan Raya Rawageni

Tribunnewsdepok.com/Hironimus Rama
Warga sudah bisa melintas di perlintasan kereta api sebidang di Kampung Rawageni, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Senin (20/6/2022). Pemkot Depok belum terima surat resmi dari PT KAI dan Kemenhub RI. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, CILODONG - Peristiwa kecelakaan yang melibatkan mobil dengan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line pada akhir April 2022 lalu di perlintasan sebidang Jalan Raya Rawageni, Cipayung, Kota Depok membuat pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) memutuskan untuk menutup perlintasan tersebut.

Namun kemudian, warga yang kerap memanfaatkan perlintasan tak resmi untuk memersingkat waktu perjalanan termasuk warga di sekitar lokasi memrotes penutupan jalan. Setelah dua bulan ditutup, warga pun meminta agar perlintasan tersebut Kembali dibuka.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan bahwa pihaknya telah bersurat ke Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub) mengenai aspirasi warga.

“(sejauh ini) belum ada titik terang. Perlintasan itu kewenangan dari pusat, saya sudah bersurat ke Kemenhub karena ada surat dari warga menginginkan dibuka, sudah kita sampaikan,” tutur Idris kepada wartawan di Alun-Alun Kota Depok, Cilodong, Kota Depok, Rabu (22/6/2022).

 

Simak video terkait berikut ini:

 

Dengan surat yang dilayangkan Pemerintah Kota Depok, Idris mengatakan nantinya Kemenhub yang akan menjalin komunikasi ke pihak PT KAI sebagai operator.

Sebab, Pemkot Depok dikatakan Idris tidak memiliki kewenangan untuk melakukan pembukaan jalan tersebut sesuai aspirasi warganya.

“Karena KAI ini kan sebuah perusahaan, nantinya akan mereka bicarakan. Saya dengar kemarin sudah (dibuka perlintasannya) tapi surat resmi dari KAI dan Kemenhub (ke Pemkot Depok) belum ada,” tandas Idris.

Baca juga: Warga Buka Paksa Perlintasan Kereta Api Liar di Rawageni yang Ditutup oleh PT KAI

Sebelumnya, pada 20 April 2022 sebuah mobil tipe Honda Mobilio tertabrak Kereta Commuter Line. Mobil tersebut terseret beberapa meter dari perlintasan tak resmi yang ada di Jalan Raya Rawageni, Cipayung, Kota Depok.

Mobil pun terjepit antara sisi kanan kereta dengan dinding pembatasan rel perlintasan. Diketahui saat itu KRL tujuan Jakarta-Bogor melintas dan langsung menghantam kendaraan yang hanya ditumpangi oleh seorang pengemudi.

Evakuasi mobil pun memakan waktu yang cukup lama lantaran petugas kesulitan mengeluarkan mobil yang terjepit, alhasil dinding pembatas terpaksa dijebol untuk mengeluarkan bangkai mobil tersebut.

Baca juga: Perekonomian Warga Mandek Sejak Ditutup PT KAI, Warga Nekat Buka Paksa Perlintasan KA Rawageni

Beruntung pengemudi berhasil menyelamatkan diri sesaat kendaraannya terseret dan terjepit yang menyebabkan KRL tersebut berhenti cukup lama sembari menunggu evakuasi selesai dilakukan. Akibat dari peristiwa ini, perjalanan kereta sempat terganggu cukup lama.

Sumber: Tribun depok
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved