Proses Pembangunan Hampir 100 Persen Rampung, Pemukiman Kumuh di Pinggiran JIS Belum Ditertibkan 

Bangunan liar semi permanen ini berupa bedeng-bedeng dengan material bangunan kayu triplek digunakan warga untuk tempat tinggal dan bekerja. 

Penulis: M. Rifqi Ibnumasy | Editor: Umar Widodo
Warta Kota/M Rifqi Ibnumasy 
Kondisi pemukiman kumuh di sebelah timur JIS, Selasa (14/6/2022) belum juga di bongkar atau di relokasi ke tempat yang lebih layak 

Laporan wartawan wartakotalive.com, M Rifqi Ibnumasy

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Puluhan pemukiman kumuh semi permanen masih terlihat di sepanjang rel kereta api persis di sebelah timur Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (14/6/2022).

Bangunan liar semi permanen ini berupa bedeng-bedeng dengan material bangunan kayu triplek digunakan warga untuk tempat tinggal dan bekerja. 

Penghuni kawasan kumuh di samping JIS ini umumnya pendatang dari luar Jakarta yang tidak memiliki tempat tinggal.

Padahal, menurut Manajer Proyek JIS Arry Wibowo, progres pembangunan JIS sudah mencapai 99,58 persen di pekan ke-144 ini. 

"Saat ini, proses pembangunan JIS memasuki tahap penyempurnaan desain, perapihan akses area landmark dan proses final checklist," ujar Arry, Senin (13/6/2022).

Namun, dalam pantauan wartakotalive.com, belum ada penertiban kawasan kumuh di sebelah timur JIS ini.

Seorang penghuni kawasan kumuh di samping JIS Cahrinin (35) mengaku, menempati bedeng berbahan triplek ini untuk tempat tinggal dan berjualan.

Pendatang asal Indramayu, Jawa Barat ini mengaku pasrah jika pemerintah menyuruhnya pindah.

"Engga kita kan cuma numpang, kalau umpamanya udah ga boleh ya kita pindah, namanya numpang, takut ganggu kereta," ungkapnya, Selasa (14/6/2022).

Menurut Cahrini, tempat tinggalnya akan digusur pada tahun baru mendatang dan ia bersama rekan-rekannya diharuskan pindah. 

"Harapan saya, yang penting dapet buat ongkos pindah atau buat ngontrak, ga pengen gede juga," ucapnya sembari menggendong anaknya yang masih balita. (m38)

Tags
JIS
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved