Berita Bogor

Sapi yang Terpapar PMK di RPH Bubulak Bogor Berasal dari Jawa Tengah-Dinyatakan Sehat Dalam Dokumen

Sapi yang Terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Rumah Potong Hewan (RPH) Bubulak Bogor Berasal dari Jawa Tengah, dinyatakan sehat dalam dokumen

Penulis: Cahya Nugraha | Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Spanduk penutupan sementara Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Bubulak, Kota Bogor mulai dari tanggal 3-17 Juni 2022 mendatang 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Sejumlah sapi yang terkonfirmasi positif Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di RPH Bubulak, Kota Bogor diketahui berasal dari Jawa Tengah pada 29 Mei 2022.

Sapi-sapi tersebut pun dinyatakan sehat dalam dokumen pengiriman ternak. 

Namun, hanya berselang beberapa hari setelah tiba di RPH Bubulak, tepatnya tanggal 31 Mei - 2 Juni, sejumlah sapi mengalami gejala PMK, di antaranya kenaikan suhu tubuh.

 

"Awalnya hewan tersebut mengalami gejala klinis dengan suhun badan yang panas,"ucap Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor, Anas S Rasmana.

Selanjutnya, DKPP bergerak cepat menurunkan tim dokter untuk memeriksa lebih lanjut dan memberikan obat serta vitamin kepada hewan yang terkena suspek.

 

"Tanggal 3 Juni lapor ke saya bahwa panas hewan masih masif. Saya ke sini dan sore saya panggil seluruh pengguna jasa," Terang Anas.

 

Selanjutnya DKPP melakukan pencegahan dengan menutup RPH Bubulak sementara waktu.

Tujuannya untuk meminimalisir penyebaran virus PMK.

Baca juga: Unggah Foto Saat Masih Kurus, Ivan Gunawan Goda Rossa-Singgung Nama Afgan

Baca juga: Gara-gara Duet Makan Keripik dengan Tanboy Kun, Irfan Hakim Masuk UGD Rumah Sakit

Tujuh Sapi Positif PMK 

Diberitakan sebelumnya, sebanyak tujuh sapi yang terkena suspek dilakukan uji lab, dengan cara mengirimkan sampel darah ke Laboratorium ISIKHNAS di Kabupaten Subang, Jawa Barat.

 

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved