Breaking News:

Kopassus Ciptakan Rekor MURI Kejuaraan Atletik dengan Peserta Terbanyak

Kejuaraan nasional yang berlangsung 2-5 Juni terdiri dari beberapa nomor pertandingan dengan tiga kategori, yakni TNI/Polri, umum, dan pelajar.

Editor: Umar Widodo
Tribunnews/Alfarizy AF
Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan saat menerima piagam rekor MURI dari Jaya Suprana di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Minggu (5/6/2022) 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Alfarizy AF

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Komando Pasukan Khusus ciptakan rekor MURI dalam gelaran Athletics Open Danjen Kopassus Cup 2022.

Kejuaraan tingkat nasional yang berlangsung 2-5 Juni terdiri dari beberapa nomor pertandingan dengan tiga kategori, yakni TNI/Polri, umum, dan pelajar.

Sekira total 2779 peserta tersebut bersaing pada 32 nomor perlombaan putra dan putri.

Untuk TNI/Polri, nomor yang diperlombakan meliputi nomor lari 100m, 400m, 1.500m, dan 5.000m. Kemudian untuk umum nomor lari 100m, 200m, 800, 1.500, dan 5.000meter, serta lompat jauh.

Adapun pelajar meliputi SMP 60m, SMA 100m, estafet SMP 8x50m, dan SMA 4x100m. Selain itu ada juga nomor 10K Road untuk TNI/Polri dan umum. 

Penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) diserahkan langsung oleh sang pendiri MURI, Jaya Suprana kepada Danjen Kopassus, Mayjen TNI Iwan Setiawan.

Ditemui terpisah, Ketua Pelaksana Danjen Kopassus Cup 2022, Letkol Inf. Paulus Pandjaitan mengatakan bersyukur atas terselenggaranya hajat besar Kopassus tersebut.

"Kami menjalankan tugas dari Danjen Kopassus, dan Alhamdulillah sangat sukses dan ini sudah terbukti dengan keikutsertaan peserta lebih dari 1000 orang, bahkan kita pada hari ini menerima penghargaan rekor MURI sebagai lomba atletik dengan peserta terbanyak," ujar Paulus.

Tak lama berselang setelah penyerahan piagam rekor MURI dan penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba, dilakukan upacara penutupan Danjen Kopassus Cup 2022.

Upacara penutupan dipimpin oleh Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia PB (PASI) Luhut Binsar Pandjaitan.

Lomba Lari Kopassus 2
Lomba lari Open Danjen Kopassus Cup 2022 berlangsung di Stadion Madya Senayan, Jakarta

Luhut mengaku senang dan bangga atas gelaran kejuaraan yang telah sukses dilaksanakan oleh Kopassus. Bahkan ia juga merestui jika kejuaraan serupa menjadi agenda tahunan milik korps pasukan elit tersebut.

"Melihat antusiasme dan saya sudah berbicara dengan KSAD, supaya prajurit-prajurit kita yang berpotensi bisa menjadi atlet nasional juga," ujar Luhut saat memberi pernyataan di depan awak media.

Dalam keterangannya, Luhut juga menyinggung tentang pembangunan pusat pelatihan atau Training Center (TC) yang berlokasi di Pangalengan, Jawa Barat.

"Tentu sekarang dengan kita bangun pusat pelatihan di Pangalengan, itu nanti akan ada TC jangka panjang, kalau yang di Timika sudah jalan," tutur Luhut

Pada acara puncak Athletics Open Danjen Kopassus Cup 2022 ini turut dihadiri sejumlah petinggi TNI AD, mulai dari Jenderal TNI Dudung Abdurrahman Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak Pangkostrad, dan Danjen Kopassus, Mayjen Iwan Setiawan. (M39)

 

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved