Bojongsari Depok

Nikmati Ragam Sajian Kuliner dan Fashion Tradisional di Lebaran Depok Selama 3 Hari, Gratis!

Supian Suri mengatakan Lebaran Depok merupakan Pekan Kebudayaan yang saat ini memamerkan makanan, pakaian dan hal-hal lainnya

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: murtopo
Tribunnewsdepok.com/Vini Rizki Amelia
Lebaran Depok resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri yang berlangsung di Shila at Sawangan, Jalan Ciputat - Bogor, Bojongsari, Kota Depok, Jumat (3/6/2022). 

Laporan Wartawan TribunnewsDepok.com, Vini Rizki Amelia

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, BOJONGSARI - Lebaran Depok resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Supian Suri yang berlangsung di Shila at Sawangan, Jalan Ciputat - Bogor, Bojongsari, Kota Depok, Jumat (3/6/2022).

Peresmian dilakukan dengan cara memukul Rebana Biang secara beruntun yang disaksikan olej jajaran perangkat daerah Kota Depok beserta para pengurus Komunitas Orang-Orang Depok (KOOD) beserta para hadirin tamu undangan maupun para pengunjung.

Supian Suri mengatakan Lebaran Depok merupakan Pekan Kebudayaan yang saat ini memamerkan makanan, pakaian dan hal-hal lainnya yang menjadi ciri khas kota yang dipimpin Wali Kota Depok Mohammad Idris ini.

Acara yang pelaksanaannya sempat vakum lantaran hantaman pandemi Covid-19 ini dikatakan Supian Suri merupakan upaya Pemerintah Kota Depok dalam mewarisi hal-hal positif utamanya tentang kebudayaan dari para pendahulu.

Baca juga: Tenda Acara Roboh Diterpa Angin Kencang, Panitia Pastikan Lebaran Depok Tetap Dilaksanakan

"Mudah-mudahan anak cucu kita bisa mengikuti bagaimana kebersamaan, keanekaragaman, saling dukung, saling guyub sebagai modal utama kita dalam berbangsa dan bernegara khususnya di lingkup kecil seperti di Kota Depok," kata Supian Suri kepada wartawan seusai meresmikan pembukaan Lebaran Depok di Shila at Sawangan, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, Jumat (3/6/2022).

Lebaran Depok digelar selama tiga hari mulai dari 3-5 Juni 2022 yang menghadirkan ragam kuliner, budaya, pakaian, serta permainan anak lainnya yang bisa memanjakan para pengunjung yang ingin menghabiskan waktu akhir pekannya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) ini pun memastikan, jika Lebaran Depok nantinya akan menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan Pemkot Depok.

Baca juga: Wali Kota, Wawalkot dan Ketua DPRD Kota Depok Kirim Karangan Bunga untuk Guru Korban Longsor

"Pak Wali Kota juga sudah menyetujui, sehingga kita berharap saat ini mungkin masih skup kecil tentang budaya Depok namun ke depan kita berharap pekan budaya ini bisa menampilkan budaya-budaya dari berbagai daerah," tuturnya.

Tak hanya dijadikan sebagai dukungan terhadap pelestarian budaya leluhur, Lebaran Depok juga dikatakan Supian Suri menjadi salah satu bentuk dukungan nyata Pemkot Depok terhadap para pelaku UMKM.

"Kita berharap kegiatan ini benar-benar bisa terus berjalan mungkin di level kecamatan sehingga terjadi perputaran ekonomi dan kesempatan UMKM dalam memasarkan produknya sehingga bisa dicintai dan dibanggakan oleh orang-orang Depok," tandasnya.

Baca juga: Tanah Longsor di Depok Sebabkan Tiga Guru Jadi Korban, Dua Meninggal di Tempat Satu Luka Berat

Ya, dari pengamatan TribunnewsDepok.com di lokasi, deretan tenda yang berisikan ragam pedagang yang memasarkan produknya siap memanjakan para pengunjung dalam memenuhi kebutuhannya.

Tak hanya ragam kuliner tradisional seperti kerak telor, dodol, namun jajanan berupa bakso, sosis bakar, hingga pada pedagang pakaian tradisional seperti baju pangsi dan lainnya turut memenuhi tenda putih yang berada di sepanjang lokasi acara.

Terdapat total 180 tenda pedagang yang kebanyakan diisi oleh pelaku UMKM Kota Depok. Acara ini pun terbuka untuk umum dan mulai beroperasi pada pukul 08.00 dan tak dikenakan biaya masuk alias gratis.

Anda yang penasaran Lebaran Depok seperti apa, bisa saksikan video suasana dan peresmian Lebaran Depok di akun Facebook TribunnewsDepok.

Intip serunya lomba Numbuk Uli hingga proses Potong Kebo yang menjadi ciri khas pelaksanaan Lebaran Depok yang ramai pengunjung di hari pertama gelaran tersebut.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved