Tapos Depok

Kabar Kecamatan Cimanggis Depok, Pokdarkamtibmas Gelar Latihan Penyelamatan dan Evakuasi Banjir

Materi yang diberikan para ahli dibidangnya ini dikatakan Wahyu sebagai pengetahuan dasar Pokdarkamtibmas dalam menangani peristiwa kegawatdaruratan.

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: murtopo
TribunnewsDepok.com/Vini Rizki Amelia
Peserta pelatihan dari Pokdarkamtibmas tengah mengikuti pelatihan materi Water Rescue yang diberikan secara langsung oleh pemateri dari Basarnas Pusat di Situ Jatijajar, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Minggu (29/5/2022). 

Laporan Wartawan TribunnewsDepok.com, Vini Rizki Amelia

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, TAPOS - Guna memberikan pertolongan yang tepat dan terarah dalam menangani kondisi darurat, Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Pokdarkamtibmas Sektor Cimanggis menggelar pelatihan.

Ada tiga materi yang diberikan yakni Pelatihan Penanganan Gawat Darurat (PPGD), Water Rescue (penyelamatan di air), dan Basic Komunikasi.

Ketiga materi tersebut masing-masing diisi oleh ahlinya yakni PMI Kota Depok, Potensi SAR Kota Depok dan yang utama adalah mendatangkan langsung Basarnas pusat.

Ketua Pokdarkamtibmas Sektor Cimanggis Wahyu Kordaning mengatakan, pelatihan tersebut dilakukan sebagai pembekalan di lapangan dalam menjalankan tugas Pokdarkamtibmas dalam membantu para penegak hukum menjalankan tugasnya.

Materi yang diberikan para ahli dibidangnya ini dikatakan Wahyu sebagai pengetahuan dasar Pokdarkamtibmas dalam menangani peristiwa kegawatdaruratan.

"Misalnya terjadi kecelakaan atau tabrakan, bagaimana mereka membantu korban agar pada saat membantu tidak menimbulkan cidera tambahan atau justru semakin membahayakan korban. Hal-hal seperti ini perlu dipahami agar pertolongan yang dilakukan tepat," tutur Wahyu kepada TribunnewsDepok.com di sela-sela pelatihan di Situ Jatijajar, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Minggu (29/5/2022).

Baca juga: Kabar Kecamatan Sukmajaya Depok, Beton Penutup Saluran Air Dipasang Miring di Jembatan Panus

Selain itu, penyelamatan di air juga turut menjadi bagian dari materi pelatihan yang diberikan langsung Basarnas pusat.

Hal ini diakui Wahyu berguna bila nantinya Pokdarkamtibmas membantu dalam proses evakuasi banjir yang kerap terjadi di Kota Depok.

Dalam pelatihan penyelamatan di air, para peserta diberikan pembekalan bagaimana cara menggunakan dan memegang dayung yang baik dan benar.

Baca juga: Kabar Kecamatan Bojongsari Depok, Wali Kota Mohammad Idris Canangkan 11 Kampung KB Percontohan

Posisi duduk saat di dalam perahu ketika melakukan proses evakuasi juga tak luput dari pembekalan yang diberikan Basarnas. Salah satunya bagaimana posisi kaki ketika berada di air dengan arus deras atau di arus liar.

Tak sampai disitu, tata cara penyelamatan apabila salah seorang Tim SAR atau penyelamatan jatuh ke air atau kecebur, juga masuk dalam materi.

"Kami berikan pengetahuan dasar kepada teman-teman Pokdarkamtibmas ini agar mereka memahami betul apa yang harus dilakukan pada saat di lapangan atau saat melakukan penyelamatan," papar Ketua Potensi SAR Kota Depok Prima Widiyanto saat ditemui dalam kesempatan yang sama.

Baca juga: Kabar Kecamatan Beji Depok, Kelurahan Tanah Baru, Beji Depok Gelar Acara Gebyar Sedekah Sampah

Wahyu mengatakan, ada 60 peserta dari Pokdarkamtibmas Sektor Cimanggis yang mengambil bagian dalam pelatihan bersama ini.

Sedangkan untuk Basarnas dan juga Potensi SAR terdapat 30 orang yang dilibatkan.

Pelatihan ini dikatakan Wahyu menjadi yang pertama dilakukan baik untuk Pokdarkamtibmas Sektor Cimanggis maupun Pokdarkamtibmas se-Kota Depok.

"Nantinya akan dilakukan rutin dan bertahap karena kan ada tahapan-tahapannya ya, yang sekarang dilakukan ini masih tahapan dasar. Harapannya tentu agar teman-teman Pokdarkamtibmas dapat berperan maksimal dalam membantu aparat maupun masyarakat," ujarnya.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved