Angkat Besi

Sukses Raih Medali Emas di SEA Games Vietnam, Eko Yuli Irawan Masih Penasaran Emas Olimpiade

Pada angkatan snatch Eko berhasil meraih angkatan seberat 135kg. Sementara di kategori clean and jerk Eko berhasil mencapai angkatan seberat 155kg.

Editor: Umar Widodo
Instagram
Lifter Eko Yuli Irawan sukses meraih medali emas di kelas 61kg di SEA Games XXXI/2021 Hanoi, Vietnam 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Alfarizy AF

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, TANGERANG - Lifter Eko Yuli Irawan kembali menorehkan tinta emas dalam catatan prestasi yang telah diraihnya. Eko sapaan akrabnya, turun di nomor angkat besi 61 Kg putra, Eko tampil meyakinkan.

Pada angkatan snatch Eko berhasil meraih angkatan seberat 135kg. Sementara di kategori clean and jerk Eko berhasil mencapai angkatan seberat 155kg.

Dengan catatan tersebut, Eko berhasil mengumpulkan total angkatan seberat 290 Kg.

Pencapaian ini masih dibawah rekor SEA Games yang ia ukir pada SEA Games Filipina lalu, kala itu ia sukses membukukan rekor SEA Games dengan total angkatan 309 Kg.

"Kemarin total angkatan 290 Kg, dan belum pecah rekor sebelumnya," ucap pria kelahiran Kota Metro, Lampung itu.

Dalam keterangannya, Eko mengatakan saingannya pada SEA Games kali ini ia rasa lebih ringan, dibanding dengan SEA Games ke-30 Filipina.

"Tantangannya memang di Filipina lebih berat dan Alhamdulillah di sini (SEA Games Vietnam) lawannya seperti kurang persiapan," kata pria yang akan berusia 33 tahun pada 24 Juli mendatang itu.

Setelah melakoni SEA Games ke-31 Vietnam, Eko mengaku belum mengisyaratkan tanda untuk pensiun di dunia angkat besi.

Justru menurutnya, pencapaiannya di SEA Games merupakan pembuktian kalau usia bukan batasan bagi Eko Yuli Irawan.

"Kalau untuk berhenti saya pikir belum ya, selama saya masih mampu dan dipercaya oleh menpora dan pengurus besar kita sebagai atlet harus siap," ujar Eko meyakinkan.

Saat ditanya soal target utama yang masih menjadi buruan utamanya, Eko tak bisa mengelak. Eko spontan menyebut pesta olahraga terbesar di dunia pada 2024 mendatang.

"Emas Olympic yang belum, karena bisa dibilang semua event semua medalinya udah pernah ngerasain, tinggal emas olimpiade yang belum," ujar Eko sambil tertawa.

Baca juga: Lifter Eko Yuli Irawan Siap Tampil di SEA Games Vietnam, Meski Belum Ada Kepastian Pelatnas

Baca juga: Eko Yuli Irawan: Selagi Indonesia Membutuhkan, Saya Akan Terus Berjuang

Kendati demikian, Eko tak semata-mata mengesampingkan gelaran SEA Games ke-32 Kamboja, dan Asian Games China, mendatang.

Lebih lanjut, ia tetap memposisikan dirinya untuk selalu siap mengikuti segala bentuk seleksi atau penyaringan yang dilakukan oleh pelatih dan Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI).

"Kalau memang ada seleksi nasionalnya kita akan ikut, kalau dipersiapkan kita akan ikut, jadi bukan karena usia 33 tahun kita gak ikut, kalau memang negara butuhkan kita siap," ujar Eko tegas.

Terkait dengan target pencapaiannya, Eko mengharapkan hasil yang terbaik. Serta ia berharap agar pengurus PABSI tidak membuat persiapan dengan waktu yang singkat.

Sekadar informasi, Eko Yuli Irawan sebelumnya sudah pernah meraih medali perunggu pada Olimpiade 2008 Beijing, medali perunggu pada Olimpiade 2012 London, medali perak di Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, dan terakhir meraih medali perak pada Olimpiade 2020 Tokyo. (M39)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved