Breaking News:

Penelitian UI

Tekan Angka Kematian Penderita Diabetes Indonesia, Mahasiswa FTUI Kembangkan Model Efek Diabetes

Mahasiswa FTUI kembangkan model untuk tekan angka kematian penderita diabetes Indonesia semasa pandemi.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
TribunnewsDepok.com/Muhamad Fajar Ryandanu
Tekan Angka Kematian Penderita Diabetes Indonesia, Mahasiswa FTUI Kembangkan Model Efek Diabetes. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - Tekan angka kematian penderita diabetes Indonesia dan dunia, mahasiswa FTUI kembangkan model efek diabetes.

Menurut data Kementerian Kesehatan RI pada 2020, 34,5 persen kasus kematian Covid-19 adalah penderita diabetes melitus.

Kekhawatiran yang berkembang ini menyebabkan tren pemodelan penyakit menular untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan dan mencoba untuk menemukan solusi terbaik untuk meratakan kurva.

Baca juga: Cerita Warga yang Menyaksikan Tabrakan Maut di Karawang, Korban Tewas Bergelimpangan di Jalan

Tiga Mahasiswa Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (DTI FTUI), melakukan penelitian terkait model perkembangan kasus penderita diabetes di Indonesia selama pandemi Covid-19, serta upaya yang dilakukan untuk menekan angka kematian penderita diabetes di Indonesia.

Ketiga mahasiswa DTI FTUI tersebut adalah Alivanza Firdaus Rhufyano, Daffa Aqilah Sofiyan, Hanif Rahman Arifin di bawah bimbingan Dr. Komarudin, ST, M.Eng., dosen Departemen Teknik Industri FTUI.

Berkat penelitian mereka, ketiga mahasiswa FTUI tersebut meraih juara dua pada Mathematics Modelling Competition (MMC) 2022.

Baca juga: DPRD DKI Dilibatkan untuk Dalami Rencana Pembangunan Jakarta Pasca Anies Lengser Periode 2023-2026

Kompetisi Pemodelan Matematika ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) ITB pada 27 Desember 2021—20 Maret 2022.

Ketua Tim Alivanza mengatakan, penelitian yang dilakukan tersebut mengarah pada model efek diabetes selama pandemi Covid-19 dalam korelasi tingkat kematian.

Dengan model ini, pihaknya mengusulkan strategi yang dapat mengarah pada penurunan angka kematian penderita diabetes di Pandemi Covid-19.

Tim menganalisis dinamika populasi diabetes selama pandemi Covid-19 dan menghasilkan model yang terdiri dari sebelas kompartemen, S, D, Dc, I, Id, Ic, R, Rd, Rc, M, dan Md, dimana masing-masing mewakili klasisfikasi populasi berdasarkan kondisi diabetes dan infeksi Covid-19.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved