Berita UI

Dosen FISIP UI Sebut Terjadi Ledakan Pemudik, Korlantas Polri Sediakan Berbagai Layanan Mudik 2022

Korlantas Polri sediakan berbagai layanan Mudik 2022, Dosen FISIP UI sebut terjadi ledakan Pemudik. Mudik sebagai reproduksi sosial.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
Dosen FISIP UI Sebut Terjadi Ledakan Pemudik, Korlantas Polri Sediakan Berbagai Layanan Mudik 2022. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - Dosen FISIP UI sebut terjadi ledakan Pemudik, Korlantas Polri sediakan berbagai layanan Mudik 2022.

Dua tahun berturut-turut mudik Lebaran terhalang dilakukan akibat pandemi pandemi Covid-19. Pada 2022, ketika pelonggaran kegiatan dan mobilitas terjadi, maka terasa sekali animo mudik lebaran.

Hal ini tampak dari antusiasme masyarakat melengkapi vaksinasi ke-3 (booster) yang menjadi salah satu syarat perjalanan.

Baca juga: Mahasiswa FHUI Jadi Delegasi Pertama Indonesia di Kompetisi Peradilan Semu University of Oxford

Pada libur Lebaran kali ini, Jakarta terasa sepi karena ditinggalkan penghuninya yang pulang kampung menggunakan kendaraan umum dan pribadi.

Untuk mencegah masalah lalu lintas sekaligus meningkatkan keamanan mudik, pemerintah telah melakukan berbagai upaya antisipasi.

Menurut Direktur Keamanan dan Keselamatan, Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri), Brigjen. Pol. Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si., kepolisian membuka banyak pos selama mudik, yaitu pos kemanan, pos kesehatan, pos pelayanan, dan pos terpadu.

Baca juga: Bikin Inovasi Sabun Cair Ramah Lingkungan, Mahasiswa FTUI Juara Kompetisi Kasus Bisnis di Asteng

Kepolisian satuan lalu lintas (satlantas) juga membuka pelayanan virtual melalui digital maps di kawasan yang menjadi penyebab kemacetan ataupun kawasan rawan kecelakaan melalui monitoring National Traffic Management Center (NTMC) dan petugas lapangan.

Ia menyampaikan hal itu pada dalam Kuliah Umum yang diadakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI).

Selain itu, kepolisian satlantas juga menentukan rekayasa lalu lintas seperti ganjil-genap dan one-way serta menyosialisasikan rekayasa ini kepada masyarakat melalui media massa.

Target dari Operasi Ketupat 2022 ini adalah kelancaran lalu lintas yang lebih baik, keselamatan pemudik yang ditunjukkan dengan menurunnya angka korban kecelakaan, serta memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan pengetatan protokol kesehatan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved