Metropolitan

Sangat Berbahaya, Pemprov DKI Susun Langkah Mitigasi Penularan Hepatitis Akut Misterius di Ibu Kota

Sangat Berbahaya dan Mengancam Jiwa, Pemprov DKI Susun Langkah Mitigasi Penularan Hepatitis Akut Misterius di Ibu Kota. Berikut Selengkapnya

Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Ilustrasi Hepatitis A 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Sangat Berbahaya dan mengancam jiwa, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Widyastuti menyebut pihaknya tengah mempersiapkan antisipasi untuk penularan penyakit hepatitis akut misterius.

 

Ia mengatakan bahwa ada tiga upaya yang dilakukan untuk mencegah penularan penyakit hepatitis.

 

Pertama, menguatkan sistem surveilans penyakit menular yang sudah berjalan sejak 2002.

 

"Pertama tentu kami menguatkan sistem surveilans sudah berjalan sejak 2002, jadi ada mekanisme bahwa semua faskes, apakah itu rumah sakit, puskesmas, klinik, apabila melakukan perawatan atau menerima pasien penyakit menular sesuai daftar di Permenkes, ada 17 penyakit menular yang harus dilaporkan segera, satunya adalah (penyakit) hepatitis," ucap Widyastuti di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (9/5/2022).

Anak buah Anies Baswedan ini juga menuturkan upaya yang kedua, pihaknya tengah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Baca juga: Bangun Kampung Susun Bayam, Politisi NasDem ungkap Amanahnya Anies-Tunaikan Janji di Akhir Jabatan

Baca juga: Kuat Live TikTok 24 Jam Non Stop, Caisar YKS Dituduh Netizen Pakai Narkoba-Dipantau BNN

Nantinya, semua pihak yang akan dilibatkan akan diminta bersama-sama menyusun pedoman untuk pegangan awal para tenaga kesehatan di lapangan.

 

"Di lapangan itu maksudnya dari sisi klinis maupun dari sisi epidemiologi," tambah dia.

 

Selain itu, upaya ketiga Pemprov DKI Jakarta tengah berkoordinasi dengan seluruh direktur rumah sakit se-DKI Jakarta dan kepala puskesmas se-DKI Jakarta terkait kewaspadaan penyakit hepatitis akut misterius tersebut.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved