Breaking News:

Mudik Lebaran

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Sarankan Mudik Jangan Pakai Motor Karena Berbahaya

Menhub mengimbau kepada pemilik perusahaan, industriawan memberikan fasilitas mudik gratis termasuk pengangkutan sepeda motornya.

Editor: Umar Widodo
Warta Kota/Muhammad Azzam
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat di konferensi pers bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Pos Terpadu Operasi Ketupat Lodaya 2022 KM 57 Tol Jakarta-Cikampek, Selasa (27/4/2022). 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, KARAWANG - Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi menyarankan agar masyarakat tidak melakukan mudik dengan sepeda motor.

Pasalnya, dirinya menilai mudik sepeda motor itu berbahaya, apalagi lokasi kampung halamannya cukup jauh.

"Sepeda motor ini memang suatu hal yang sangat berbahaya. Saya tidak bermaksud apa-apa, menghimbau kiranya jangan menggunakan sepeda motor," kata Budi Karya saat di konferensi pers di Pos Terpadu Operasi Ketupat Lodaya 2022 KM 57 Tol Jakarta-Cikampek, pada Selasa (27/4/2022).

Maka dari itu, Menhub mengimbau kepada pemilik perusahaan, industriawan memberikan fasilitas mudik gratis termasuk pengangkutan sepeda motornya.

"Karena sebenarnya biaya tidak perlu mahal, namum sangat membantu saudara kita yang ingin pulang dengan menggunakan motor," beber dia.

Sejauh ini juga banyak program mudik gratis yang dilakukan pemerintah-pemerintah daerah maupun Kepolisian.

Baca juga: H-6 Lebaran, 28 Ribu Pemudik Kereta Api Diberangkat dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir

Baca juga: Menhub Budi Karya Sumadi Rekomendasikan Tiket Merak-Bakauheni pada Siang Hari Lebih Murah

Pada kesempatan itu, Menhub juga mengapresiasi pihak Kepolisian dalam hal ini Korlantas Polri dan Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) yang melakukan perencanaan secara detail.

Rekayasa lalu lintas dilakukan berbagai opsi, mulai dari contraflow, one way hingga ganjil genap. Hingga kesiapan pengaturan lalu lintas di jalur arteri maupun alternatif.

"Secara pribadi dan kelembagaan saya mengapresiasi apa yang sudah direncakana. Kita harus lakukan secara konsisten, mudah-mudahan apa yang di atas keempat itu mudah-mudahan dilaksanakan dengan baik," tandasnya. (MAZ)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved