Kabupaten Bogor

Cegah Perang Sarung, Bupati Bogor Ade Yasin Minta DKM dan Ponpes Perbanyak Kegiatan Kepemudaan

Bupati Bogor Ade Yasin prihatin banyak remaja terlibat perang sarung berujung aksi tawuran selama bulan Ramadan

Penulis: Hironimus Rama | Editor: murtopo
Humas Pemkab Bogor
Bupati Bogor Ade Yasin menghadiri Peringatan Nuzulul Quran 1443 Hijriah di Kecamatan Tenjo, Rabu (20/4/2022) malam. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, TENJO - Bupati Bogor Ade Yasin prihatin banyak remaja terlibat perang sarung berujung aksi tawuran selama bulan Ramadan 1443 Hijriah ini.

Hal itu diungkapkan Ade Yasin saat menghadiri Peringatan Nuzulul Qur’an 1443 Hijriah di Kecamatan Tenjo, Rabu (20/4/2022) malam.

"Tawuran perang sarung marak selama Ramadan ini. Kalau biasanya perang sarung itu sarungnya saja yang dipukul-pukul, tapi ini di dalam sarungnya ada celurit. Ini sudah masuk perbuatan melanggar hukum. Pelakunya bisa dikenakan hukum pidana," kata Ade.

Untuk mencegah hal itu, dia mengimbau agar para pengurus Pondok Pesantren (Ponpes) dan DKM Masjid memperbanyak kegiatan kepemudaan seperti kajian, kuliah subuh, pesantren kilat dan sebagainya.

Baca juga: Atang Trisnanto Ketua DPRD Kota Bogor Sebut Bogor Mengaji Harus Diperkuat dan Didukung Penuh

“Saya menghimbau agar Pondok Pesantren dan DKM Masjid di Kabupaten Bogor untuk memperbanyak kegiatan kepemudaan, seperti mengaji dan memberikan materi keagamaan, sehingga waktunya habis di masjid tidak habis di jalan-jalan,” ungkapnya.
 
Ade juga mengajak semua pihak bersama-sama menjaga kesucian bulan Ramadhan dan mengisinya dengan berbagai kegiatan yang positif dan produktif.

Peringatan Nuzulul Qur’an ini diisi pawai obor, dan peresmian gedung asrama putri Ponpes Hidayatul Ikhwan.

Baca juga: Tabrak Mobil di Perlintasan Rawageni, Perjalanan KRL Jakarta - Bogor hanya sampai Stasiun Depok

Dalam kegiatan ini, Ade menyerahkan secara simbolis bantuan melalui Baznas Kabupaten Bogor senilai Rp 500 juta kepada 600 guru ngaji dan 400 marbot masjid.
 
"Peringatan Nuzulul Qur’an dan pawai obor, dinilai Bupati Bogor bisa menghidupkan dan menyemarakkan bulan suci Ramadhan," ungkapnya.
 
Politisi PPP ini mengingatkan peringatan Nuzulul Qur’an sangat penting bagi umat Islam karena turunnya Al-Qur’an merupakan peristiwa besar bagi penghuni langit dan bumi serta segala isinya.

Baca juga: Bencana Tanah Longsor, 4 Rumah di Kabupaten Bogor Rusak

" Al-Qur’an adalah sumber utama ajaran Islam yang membawa petunjuk, kabar gembira, ilmu pengetahuan, sumber inspirasi bagi pembangunan dan peradaban manusia,” jelas Ade.
 
Pimpinan Pondok Pesantren Hidayatul Ikhwan, KH. Encep Arsyuddin mengatakan sejarah baru terjadi di Kecamatan Tenjo, dengan terselenggaranya Peringatan Nuzulul Qur’An tingkat kabupaten.
 
“Alhamdulillah dengan adanya bantuan dari Bupati Ade Yasin, mudah-mudahan tambah manfaat, tambah barokah, dan mudah-mudahan dipanjangkan umur, sehat selalu dalam menjalankan kepemimpinan di Kabupaten Bogor,” ujar KH.Encep Arsyuddin. 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved