Breaking News:

Pendidikan

Jumlah Mahasiswa Indonesia yang Kuliah di Belanda Terus Meningkat, Universitas Terapan Jadi Favorit

Universitas terapan jadi favorit mahasiswa asing di Belanda. Jumlah mahasiswa Indonesia yang kuliah di Belanda terus meningkat.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Istimewa
Jumlah Mahasiswa Indonesia yang Kuliah di Belanda Terus Meningkat, Universitas Terapan Jadi Favorit. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Jumlah mahasiswa Indonesia yang kuliah di Belanda terus meningkat, universitas terapan jadi favorit.

Salah satu bukti keberhasilan internasionalisasi pendidikan di Belanda adalah, dari setiap 7 mahasiswa yang ada di Belanda, bisa dikatakan 1 orangnya merupakan mahasiswa asing.

Berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh Nuffic pada tanggal 12 April 2022, pada tahun akademik 2021-22, ada 115.068 mahasiswa internasional terdaftar di pendidikan tinggi negeri di Belanda.

Baca juga: Nuffic Neso Gelar Pameran Karier Virtual Bagi Pencari Kerja di Asia Tenggara, Ada 1.400 Pelamar

Jumlah ini meningkat 12,2 persen (12.507) dibanding tahun sebelumnya.

Sementara jika dilihat dari keragaman asal negara, dibandingkan dengan tahun ajaran 2019-2020 (sebelum pandemi), mahasiswa internasional di Belanda hanya berasal dari 163 negara, walaupun ada 27 negara yang menunjukan penurunan jumlah mahasiswanya di Belanda, namun di tahun ajaran 2021-2022 negara asal pelajar bertambah menjadi 168 negara.

Program studi yang paling banyak diminati mahasiswa internasional di universitas ilmu terapan (university of applied sciences) adalah bidang ekonomi (economics).

Sementara di universitas riset (research university) adalah bidang sosial (behavioural & social sciences).

Baca juga: Nuffic Neso Indonesia Serahkan Beasiswa StuNed untuk 20 Dosen Fakultas Hukum Universitas Al Azhar

Bidang tehnik (engineering) serta bahasa dan budaya (language & culture) juga termasuk kedalam 3 bidang terfavorit di Belanda

Menurut koordinator promosi pendidikan Nuffic Neso Indonesia, Inty Dienasari, walaupun sekarang Indonesia sudah tidak termasuk kedalam 10 negara terbesar yang mengirimkan pelajarnya ke Belanda, namun jumlah mahasiswa Indonesia yang berangkat studi ke Belanda tetap meningkat.

Tahun 2019 ada 1.413, tahun 2020 ada 1.448, dan tahun 2021 ada 1.522 pelajar asal Indonesia di Belanda. Dan angka tersebut hanya menghitung pelajar yang mengambil kuliah S1 dan S2 di Belanda.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved