Mudik Lebaran

Mudik Lebaran, Tiga Skenario Rekayasa Lalu Lintas Diujicoba di Simpang Ciawi Bogor

Tiga skenario yang sudah diambil hasilnya itu, kata Dody, mulai dari kendaraan dari tajur menuju Puncak dan Sukabumi tidak usah berputar menuju Tol

Editor: murtopo
TribunnewsBogor.com/Rahmat Hidayat
Situasi arus lalu lintas di Simpang Ciawi Bogor, Kamis (14/4/2022). 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, CIAWI - Menjelang musim mudik lebaran, Pemkab Bogor dan Pemkot Bogor bersama BPTJ, KemenPUPR, Jasa Marga serta stake holder lainnya melakukan ujicoba tiga skenario rekayasa lalu lintas di Simpang Ciawi.

Kemacetan lalu lintas di Simpang Ciawi yang berada di ruas jalan Kabupaten Bogor maupun Kota Bogor selama ini kerap terjadi.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor Dody Wahyudin mengatakan, saat ini, hasil skenario itu terus dibahas untu mempermanenkan skenario rekayasa lalu lintas yang digunakan.

"Tiga skenario itu kemarin sudah dilakukan rekayasa. Kita pantau dari jam 7-3 sore. Dan hasilnya kita catat setiap dua jam," ujarnya kepada TribunnewsBogor.com, Kamis (14/4/2022).

Tiga skenario yang sudah diambil hasilnya itu, kata Dody, mulai dari kendaraan dari tajur menuju Puncak dan Sukabumi tidak usah berputar menuju Tol Ciawi.

Kemudian, kondisi eksisting dari arah Jalan Raya Tajur menuju Puncak dan Sukabumi harus tetap berputar di arah Tol Ciawi serta skenario ketiga yakni arah Tajur bisa langsung ke Sukabumi dan menuju tol tanpa melalui lampu merah.

"Skenario skenario itu yang diterapkan selama rekayasa kemarin. Hasilnya kita lihat volume kendaraannya, kapasitas kendaraan, dan gerakan membeloknya juga kita pantau," bebernya.

Meski begitu, kata Dody, ketiga skenario itu masih belum dipatenkan.

Baca juga: Mudik Lebaran 2022, Sebanyak 144.329 Personel Gabungan Disiagakan

Masih ada langkah pembahasan lanjutan, serta evaluasi untuk memilih skenario yang terbaik yang digunakan sebagai Manajemen Rekayasa Lalu Lintas di Simpang Ciawi.

"Kita lakukan pembahasam lagi. Skenario mana yang akan dilakukan dan diterapkan di simpang Ciawi ini. Semoga bisa maksimal setelah Simpang Ciawi ini tidak maksimal dalam beberapa tahun karena kemacetannya," tandasnya.

Baca juga: Mudik Lebaran 2022, Pemkab Bogor Siapkan 18 Pospam

Ridwan Kamil Rekomendasikan Pemudik Lewat Jalur Selatan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan persiapan dan antisipasi jelang mudik lebaran.

Ridwan Kamil memprediksi mudik Lebaran 2022 akan membeludak sebab sudah dua kali lebaran masyarakat tidak pulang kampung.

Selain itu, level PPKM sudah diturunkan dan aktivitas ekonomi sudah mulai bergerak menuju normal.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bogor
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved