Berita Jakarta

Jelang Mudik, Kemenhub Imbau PO Periksa Kelayakan Bus untuk Cegah Kecelakaan

Pihaknya juga mengimbau seluruh PO supaya memastikan kesehatan awak bus pada saat berkendara.

Editor: murtopo
Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi saat meninjau Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Sabtu (9/4/2022). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com Junianto Hamonangan

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, CAKUNG -- Direktorat Jenderal Hubungan Darat Kementerian Perhubungan mengimbau agar para Perusahaan Otobus (PO) melakukan langkah ramp check atau pemeriksaan laik jalan bus jelang Idulfitri.

Direktur Jenderal Hubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengatakan ramp check perlu dilakukan agar seluruh armada siap melayani penumpang.

"Kita ingin memastikan bahwa mobil bus yang dipakai​ oleh masyarakat adalah mobil yang siap beroperasi," kata Budi, Sabtu (9/4/2022).

Pasalnya Hari Raya Idulfitri 2022 nanti diprediksi akan ada lonjakan penumpang bus antar kota antar (AKAP) di berbagai terminal. Sehingga aspek keselamatan menjadi hal yang penting.

Baca juga: Jadwal Imsakiyah Ramadan 1443 H Hari Kedelapan Wilayah Depok dan Bogor Minggu 10 April 2022

Pihaknya juga mengimbau seluruh PO supaya memastikan kesehatan awak bus pada saat berkendara. Sehingga tidak terjadi kecelakaan yang diakibatkan kondisi pengemudi tidak prima.

Selain itu warga yang sudah mendapat vaksin Covid-19 dosis tiga atau booster dapat langsung melakukan perjalanan tanpa tes antigen atau PCR saat momen mudik Idulfitri 1443 Hijriah.

Meski begitu masyarakat yang baru mendapat vaksinasi Covid-19 dosis dua dan satu bisa tetap dapat melakukan perjalanan mudik dengan syarat melakukan tes antigen terlebih dahulu.

Baca juga: Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik Lebaran, Gerai Vaksinasi diCibinong City Mall Diserbu Warga

"Jadi saya minta nanti kepada Pak Kadishub DKI maupun kepala terminal di Pulogebang untuk memberikan pelayanan menyambung masalah vaksinasi Covid-19 dan rapid tes antigen," ujar Budi.

Sehingga nantinya di Terminal Pulogebang pada momen mudik Idulfitri nantinya akan menyediakan layanan rapid test antigen untuk penumpang yang belum mendapatkan booster agar bisa berangkat. (jhs)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved