Bulan Suci Ramadan

Masjid At Thohir Jadi Tanda Bakti dan Taat Erick Thohir kepada Sang Ayah 

Masjid At Thohir Jadi Tanda Bakti dan Taat Erick Thohir kepada Sang Ayah. Berikut Selengkapnya

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Masjid At Thohir di Jalan Mohammad Thohir, Komplek Podomoro Golf View, Kecamatan Tapos, Kota Depok 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, TAPOS - Dibalut menyeluruh dengan warna putih, keindahan Masjid At Thohir telah tampak dari kejauhan hingga akhirnya tiba di area parker masjid yang berada di Jalan Mohammad Thohir, Komplek Podomoro Golf View, Kecamatan Tapos, Kota Depok pada Sabtu (9/4/2022).

Humas Masjid At Thohir, Tajudin mengatakan, masjid yang berlokasi di dalam komplek perumahan elit tersebut dibangun sejak 2018 yang kemudian diresmikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 9 Maret 2022 lalu.

“Masjid ini dibangun sebagai bakti anak kepada orang tua yaitu dari keluarga besar Pak Erick Thohir terhadap ayahnya, almarhum H. Mohammad Teddy Thohir. Ini juga sebagai bentuk ketaatan dalam beragama karena sebaik-baiknya manusia harus bermanfaat buat orang lain,” papar Tajudin kepada TribunnewsDepok.com, Masjid At Thohir, Jalan Mohammad Thohir, Komplek Podomoro Golf View, Kecamatan Tapos, Kota Depok, Sabtu (9/4/2022).

Tanda bakti itu pun dikatakan Tajudin tak hanya dengan membangun masjid di wilayah Depok melainkan juga di sejumlah daerah di Indonesia seperti di Balong, Lampung.

Bahkan keluarga Erick Thohir juga turut membangun masjid megah di Los Angeles, Amerika Serikat.

Masjid At Thohir memiliki luas bangunan 7.000 meter persegi yang dibangun di atas lahan seluas total 2,8 hektar.

Di bagian depan masjid dibangun sebuah taman dan teater kecil yang dibentuk undakan layaknya sebuah tribun.

Baca juga: Tinjau Vaksinasi Booster di Bogor, Kapolda Jabar Targetkan Capaian Vaksin 30 Persen Sebelum Lebaran

Baca juga: Kasus Covid-19 Melandai, Tingkat Okupansi Hotel di Bogor Meningkat pada Awal Ramadan

Di seberang bangunan masjid juga tengah dibangun sebuah taman yang dikatakan Tajudin sebagai bagian dari Masjid At Thohir.

Daya tampung jika digabung dengan lokasi basement dan ruang solat utama, mampu diisi oleh 5.000 jamaah.

“Bedanya masjid ini dengan yang lain adalah dari segi arsitekturnya, di mana arsitektunya dari Timur Tengah dengan permainan cahaya LED tiap malam mulai Magrib hingg pukul 22.00 WIB. Ada juga video maping yang diputar pada malam hari di akhir pekan,” tandasnya.

Sejumlah bahan untuk membangun masjid juga dikatakan Tajudin didatangkan dari sejumlah negara luar, yakni Swedia dan Singapura.

Seperti lampu megah yang mengisi ruang utama solat, dikatakan Tajudin didapatkan dari Singapura hasil pesanan khusus yang dilakukan untuk Masjid At Thohir.

Baca juga: Gelar Operasi Pekat, Satpol PP Kabupaten Bogor Ciduk 11 Pasang Bukan Suami Istri di Bojonggede

Baca juga: Jelang Operasi Ketupat Lodaya 2022, Propam Polres Bogor Cek Kesiapan Personel

Ketua Takmir Masjid At Thohir Abdul Aziz Al Hafizh mengatakan, sejumlah bangunan juga memiliki symbol-simbol tersendiri yang menggambarkan keluarga besar Menteri BUMN Erick Thohir.

“Kubah utama berukuran besar menyimbolkan seorang ayah sebagai pemimpin keluarga, ada tiga kubah ukuran sedang menyimbolkan anak dan kubah-kubah kecil yang mengelilinginya sebagai cucu dan cicitnya,” tutur Abdul Aziz Al Hafizh dalam kesempatan yang sama.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved