Sudirman Said Mantan Menteri ESDM Dipertanyakan Pengangkatannya Sebagai Komut di PT Transjakarta

Pemprov DKI Jakarta berdalih, Sudirman tidak bekerja sendirian untuk mengawasi kinerja Transjakarta, tapi juga dibantu oleh Komisaris dan direksi lain

Editor: Umar Widodo
Dok.Kompas.com
Pengangkatan Sudirman Said sebagai komisaris utama PT TransJakarta oleh Anies Baswedan dipertanyakan kapasitasnya karena tidak menguasai dunia transportasi secara baik 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Fitriyandi Al Fajri

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, GAMBIR - Sosok Sudirman Said sebagai Komisaris Utama (Komut) dianggap mampu mengawasi kinerja PT Transjakarta, meski dia tidak memiliki rekam jejak pendidikan di bidang transportasi.

Pemprov DKI Jakarta berdalih, Sudirman tidak bekerja sendirian untuk mengawasi kinerja Transjakarta, tapi juga disokong oleh Komisaris dan direksi lain.

“Kalau di korporasi kan tugasnya Komisaris intinya dua, yaitu menasehati dan mengawasi. Tentu beliau juga nggak bergerak sendiri, karena ada komite yang lain juga,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Pembina BUMD DKI Jakarta Budi Purnama pada Jumat (18/3/2022).

Budi mengatakan, sebagai Komut di perseroan daerah, tugas Sudirman memberikan arahan kebijakan secara umum.

Selain itu, Sudirman juga pernah mengurus perusahaan besar dan lembaga vertikal, sehingga tidak sulit baginya memimpin Transjakarta.

“Saya harapkan jadi sosok leadership, karena Transjakarta ini kan pelayanan publik, saya harapkan beliau bisa mewarnai TJ lebih baik,” ujar Budi.

Dalam kesempatan itu, Budi juga menampik isu penunjukan Sudirman karena memiliki unsur kedekatan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Kata dia, pergantian jajaran direksi maupun komisaris di BUMD merupakan hal yang biasa dan kewenangan pemegang saham, dalam hal ini Pemprov DKI Jakarta.

“Tentu Pemprov ingin menyegarkan organisasi teman teman di Transjakarta supaya disegarkan dengan wajah baru dan pak Sudirman Said kan pengalaman di beberapa perusahaan,” katanya.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved