Kesehatan

Hati-hati Saat Beraktivitas Terjadi Serangan Jantung pada Penyintas Covid -19, Kenali Gejalanya

Serangan jantung pada penyintas Covid -19, hati-hati saat beraktivitas. Kenali gejalanya. Virus Sars Cov2 dapat merusak dan mempengaruhi fungsi jantun

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Istimewa
Hati-hati Saat Beraktivitas Terjadi Serangan Jantung pada Penyintas Covid -19, Kenali Gejalanya. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, CINERE - Hati-hati saat beraktivitas terjadi Serangan Jantung pada Penyintas Covid -19, Kenali Gejalanya.

Rumah Sakit Jantung Diagram Siloam Hospitals (Siloam Hospitals Jantung Diagram) mengadakan edukasi bincang sehat melalui kanal YouTube bertajuk 'Serangan Jantung Pada Penyintas Covid -19'.

Pada kesempatan edukasi, dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, Andrea Kartika Suryadharma sebagai narasumber edukasi yang diikuti oleh puluhan viewer.

Baca juga: Penutupan Pembuluh Darah & Masalah Irama Jantung Haji Lulung Dipicu Pemasangan Cincin di Jantung

Dikatakan Andrea Kartika Suryadharma, virus Sars Cov2 dapat merusak dan mempengaruhi fungsi jantung melalui beberapa mekanisme.

Salah satunya adalah melalui receptor ACE-2 yang terdapat pada berbagai macam organ, salah satunya jantung.

"Receptor ACE-2 inilah yang akan ‘memediasi’ virus sehingga dapat memasuki sel," tutur dr. Andrea Kartika Suryadharma, Sp.JP, Rabu (02/03/2022) di Cinere, Depok.

Baca juga: Pasca Diperiksa Polisi, Yahya Waloni Dilarikan ke RS Polri, Terindikasi Terkena Serangan Jantung

Infeksi virus corona mampu merusak sel jantung secara langsung, lanjutnya, dan juga dapat menyebabkan peradangan (inflamasi) lebih lanjut terutama saat terjadi respon imun berlebih atau yang sering disebut dengan badai sitokin.

Kondisi tersebut mengakibatkan kerusakan pada sel-sel pembuluh darah (disfungsi endotel), berpotensi mengganggu stabilitas plak aterosklerotik, dan juga mencetuskan kondisi hiperkoagulabilitas pada darah.

"Gangguan ini sangat mungkin muncul dengan berbagai macam 'manifestasi' yang berbeda, namun tidak semua penyintas Covid yang akan mengalami. Berdasarkan data studi kasus, tidak ada pola khusus yang dapat memprediksi komplikasi gangguan jantung pada penyintas Covid," ungkap Andrea yang kesehariannya berpraktek tetap di rumah sakit yang berlokasi di bilangan Cinere, Depok ini.

Andrea menambahkan bahwa virus Covid -19, terbukti dapat menimbulkan 'gangguan' organ jantung dan pembuluh darah serta organ lainnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved