PODCAST UI

Sesuaikan Kebutuhan Masyarakat dan Industri, UI Masifkan Riset di Bidang Kesehatan dan Elektronik

Kata Nurtami, sejak lima tahun terakhir, hasil-hasil paten dari UI lebih banyak berasal dari produk Kesehatan dan Elektronik

Penulis: Alex Suban | Editor: murtopo
Tribunnewsdepok/Muhamad Fajar Riyandanu
Nurtami, Wakil Rektor UI Bidang Riset dan Inovasi, saat ditemui di Integrated Laboratory Research Center UI saat berbincang bersama TribunnewsDepok.com, pada Jumat (25/2/2022), siang. 

Laporan TribunnewsDepok, Muhamad Fajar Riyandanu

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, DEPOK – Dari hasil pemetaan lima tahun kebelakang, Universitas Indonesia (UI) memiliki kekuatan di bidang riset dalam hal kesehatan dan teknik rekayasa.

Dua aspek inilah yang nantinya akan menjadi fokus penelitian yang akan dikembangkan oleh UI.

Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Rektor UI Bidang Riset dan Inovasi, Nurtami, pada Jumat (25/2/2022) kemarin.

Ia menjelaskan, hasil riset itu nantinya akan diteruskan sampai kepada produk nyata yang bisa dipasarkan ke dunia industri.

“Jadi perkawinan dua kubu ini nih yang sekarang lagi kami ramu terus supaya produksi (riset) semakin banyak yang nantinya akan bisa menjawab kebutuhan dan menyelesaikan kebutuhan masyarakat, mulai dari sifatnya lokal bahkan sampai di level global,” kata Nurtami saat ditemui di Integrated Laboratory Research Center UI. 

Nurtami, Wakil Rektor UI Bidang Riset dan Inovasi, saat ditemui di Integrated Laboratory Research Center UI saat berbincang bersama TribunnewsDepok.com, pada Jumat (25/2/2022), siang.
Nurtami, Wakil Rektor UI Bidang Riset dan Inovasi, saat ditemui di Integrated Laboratory Research Center UI saat berbincang bersama TribunnewsDepok.com, pada Jumat (25/2/2022), siang. (Tribunnewsdepok/Muhamad Fajar Riyandanu)

Lebih lanjut, kata Nurtami, sejak lima tahun terakhir, hasil-hasil paten dari UI lebih banyak berasal dari produk Kesehatan dan Elektronik (engineering) yang dihasilkan dari kerja kolaborasi antara pemerintah dan industri.

“Misalnya penugasan dari pemerintah itukan Vaksin Merah Putih, kemudian laprop merah putih. Nah itu diharapkan kemudian hari kita bisa menghasilkan,” sambungnya. 

Pada tahun 2019, UI menjadi salah satu universitas di Indonesia yang mendapat penugasan dari Pemerintah untuk mengembangkan kendaraan listrik.

Baca juga: Podcast UI: Masuk Usia 72 Tahun UI Usung Paradigma Entrepreneur University, Fokus 5 Kajian Bidang

Adapun kendaraan listrik tersebut diprioritaskan sebagai kendaraan umum atau massal. 

“UI ini dapat tugas juga sebagian yang ibaratnya kendaraan listrik ukuran besar, yakni bus listik. Untuk kendaraan umum massal. Nah ini akan dirilis dalam waktu dekat. Mungkin setengah bulan ke depan. Karena tahun ini kita punya perhelatan dunia, G20. Jadi ini yang akan kita persembahan dari Pemerintah Indonesia, bus listik UI siap diluncurkan pada acara G20,” ungkap Nurtami. 

Baca juga: Yellow Jacket Podcast: Ulasan Lengkap dr. Agustin tentang Penyehatan Makanan, Kesehatan Ibu & Anak

Selanjutnya, saat ini, UI sedang mengembangkan alat floked swab tes dan kit antigen yang nantinya akan dipasarkan ke masyarakat.

Dengan ini, harapannya, Pemerintah tak perlu lagi melakukan import alat tes untuk Covid-19 maupun pelacakan kontak erat pasien. 

Baca juga: Yellow Jacket Podcast: Prof Abdul Haris Sampaikan Strategi UI Menuju Entrepreneurial University

“Kami juga mengerjakan kit antigen yang kemudian supaya bisa dipasarkan ke masyarakat. Kemudian juga reagen PCR yang harus beli import sekarang dalam pengerjaan untuk bisa diproduksi dalam negeri,” ujar Nurtami. 

Selain dalam bentuk produk nyata, UI juga menyediakan pelayanan yang berkaitan dengan dunia Kesehatan seperti pembangunan Rumah Sakit UI yang ada saat Pandemi Covid-19 digunakan sebagai ruang rawat inap pasien. 

“Kami saling bahu membahu menyiapkan seluruh unit di UI dari mulai dari mulai screening, RS UI untuk perawatan, klinik satelit juga untuk screening. Kemudian juga para peneliti itu mencurahkan keilmuannya di dalam pelayanan di laboratorium untuk hasil tes swab antigen maupun PCR,” tukasnya. (m29). 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved