Generasi Z dan Generasi Milenial adalah Generasi yang Akan Menentukan Nasib Bangsa Ini Kedepan

Hasil survey Badan Pusat Statistik Tahun 2020, usia produktif 15-64 tahun mendominasi jumlah penduduk Indonesia dari tahun 2021-2035.

Editor: Umar Widodo
Istimewa
C Ermayani Putriyanti.A.,M.Kes dalam webinar nasional kolaborasi 3 Institusi Pendidikan YAKKUM bertajuk 'Generasi Emas, Generaai Cerdas dan Berkarakter', pekan lalu. 

Laporan wartawan Wartakotalive.com, Ign Agung Nugroho

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Pada tahun 2045 Indonesia akan memperingati dirgahayu 100 tahun  kemerdekaanya. Visi Indonesia 2045 menjadi negara berdaulat, maju adil dan makmur. 

Banyak tantangan kedepan, terlebih saat ini Indonesia sedang memasuki bonus demografi. Apakah bonus demografi ini akan membawa dampak positif bagi bangsa ini? 

Hasil survey Badan Pusat Statistik Tahun 2020, jumlah penduduk Indonesia 270.20 juta jiwa.  Dimana usia produktif 15-64 tahun mendominasi jumlah penduduk Indonesia dari tahun 2021-2035.

Menurut C Ermayani Putriyanti.A.,M.Kes, Dosen Prodi S1 Administrasi Kesehatan Stikes Ngesti Waluyo, hal ini perlu disikapi oleh semua pihak. 

Pasalnya, bonus demografi dapat menjadi bonus besar bagi bangsa ini apabila sebagian besar usia produktifnya merupakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. 

"Namun apabila tidak disikapi saat ini, justru menimbulkan dampak negatif seperti meningkatnya kemiskinan, akibat banyaknya pengganguran, rusaknya lingkungan, dan dominasi tenaga asing akibat akibat penduduk tidak memiliki skill yang baik," kata Ermayani dalam webinar nasional kolaborasi 3 Institusi Pendidikan YAKKUM bertajuk 'Generasi Emas, Generaai Cerdas dan Berkarakter', pekan lalu.

Lebih lanjut ia memaparkan, generasi emas (gold generation) adalah generasi yang menentukan nasib bangsa Indonesia kedepan.

Acara webinar nasional kolaborasi 3 Institusi Pendidikan YAKKUM bertajuk 'Generasi Emas, Generaai Cerdas dan Berkarakter'
Acara webinar nasional kolaborasi 3 Institusi Pendidikan YAKKUM bertajuk 'Generasi Emas, Generaai Cerdas dan Berkarakter' (Istimewa)

"Generasi Z  dan generasi milenial adalah generasi yang akan menentukan nasib bangsa ini kedepan," katanya.

Generasi Z adalah generasi yang lahir pada tahun 1997-2012. Sedangkan generasi milenial adalah generasi yang lahir tahun 1981-1996. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved