Metropolitan

Kolaborasi Polda Metro Jaya, Pemprov DKI Gelar Uji Emisi di 24 Ruas Jalan Ibu Kota, Catat Lokasinya

Kolaborasi Polda Metro Jaya, Pemprov DKI Gelar Uji Emisi di 24 Ruas Jalan Ibu Kota, Berikut Lokasinya

Editor: Dwi Rizki
Wartakotalive.com/Muhamad Fajar Riyandanu
Ilustrasi Uji Emisi kendaraan 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Humas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Yogi Ikhwan mengatakan sebanyak 24 ruas jalan di Ibu Kota akan menggelar kegiatan Penaatan/Kepatuhan Hukum Uji Emisi Kendaraan Bermotor.

Hal tersebut dilakukan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta berkolaborasi dengan Polda Metro Jaya.

Adapun kegiatan ini digelar sebagai upaya meningkatkan kepatuhan masyarakat untuk melakukan uji emisi gas buang kendaraannya.

Yogi menegaskan kegiatan ini sekaligus melihat tingkat kepatuhan masyarakat pemilik kendaraan bermotor terhadap uji emisi.

Dalam pelaksanaannya, kendaraan yang melintas akan dipinggirkan oleh petugas di lapangan untuk dicek status uji emisinya. 

Kendaraan yang sudah melakukan uji emisi dan dinyatakan lulus bisa melanjutkan perjalanan. 

Sementara kendaraan yang belum uji emisi diarahkan ke tempat uji emisi yang disediakan di lokasi berlangsungnya kegiatan.

"Kegiatan akan dilaksanakan di 24 ruas jalan selama tahun 2022. Kita sengaja tidak umumkan jalan mana saja, nanti pengendara malah menghindari jalan tersebut," ucapnya melalui keterangan tertulisnya, yang dikutip Kamis (24/2/2022).

Dirinya juga mengatakan langkah ini diambil dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan menumbuhkan rasa tanggung jawab masyarakat pemilik kendaraan bermotor agar tidak mencemari lingkungan.

Terciptanya emisi kendaraan yang memenuhi ambang batas baku mutu emisi gas buang diharapkan dapat memperbaiki kualitas udara di DKI Jakarta.

"Uji emisi adalah pengukuran gas buang kendaraan bermotor untuk mendeteksi kinerja mesin kendaraan. Uji emisi juga bermanfaat untuk mengukur kualitas mesin dari setiap kendaraan. Dengan menguji emisi akan diketahui kadar zat yang berbahaya atau tidak bagus untuk lingkungan," jelas dia.

Baca juga: 400 Pekerja Dikerahkan 24 Jam, Dirut Jakpro Optimis Sirkuit Formula E Rampung Akhir Maret 2022

Baca juga: Viral Sosok Bayangan Putih Diduga Hantu Terekam CCTV, Ini Penjelasan DKM Al-Barokah Depok

Berikut prosedur kegiatan Penaatan/Kepatuhan Hukum Uji Emisi Kendaraan Bermotor di 24 ruas jalan di Jakarta selama tahun 2022 :


1. Kendaraan dipinggirkan oleh petugas Kepolisian dan Dinas Perhubungan lalu dicek menggunakan aplikasi e-Uji Emisi Roda Empat untuk mobil penumpang perorangan, aplikasi e-Uji Emisi Roda Dua untuk sepeda motor.


2. Kendaraan yang sudah melakukan uji emisi dan dinyatakan lulus, akan diminta meneruskan perjalanan.


3. Kendaraan yang belum melakukan uji emisi, diarahkan ke tempat uji emisi yang telah disediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta selanjutnya dilakukan pengujian.


Jika dinyatakan lulus akan diberikan hasil lulus uji dan jika dinyatakan tidak lulus uji emisi akan dilaporkan ke petugas Kepolisian atau Dinas Perhubungan, lalu akan diberikan teguran oleh petugas.


4. Pelaksanaan pengujian sekitar 5-10 menit.
 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved