Inggard Joshua Legislator DKI Soroti Pemberian Hibah Badan Kesebangpol kepada LSM dan Ormas

Berdasarkan informasi rekapitulasi anggaran tahun anggaran 2022, Badan Kesbangpol DKI mengalokasikan pagu belanja hibah parpol Rp 27, 25 miliar

Editor: Umar Widodo
kompas.com
Wakil Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra, Inggard Joshua 

Laporan wartawan Wartakotalive.com, Fitriyandi Al Fajri

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, GAMBIR - Komisi A DPRD DKI Jakarta menyoroti proyeksi pemberian hibah yang dialokasikan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) pada APBD tahun anggaran 2022.

Meski diusulkan Kesbangpol, penggunaan hibah di lapangan seringkali masih tidak tepat sasaran guna memperkuat rasa dan kesatuan antar golongan yang tersebar di Kota Jakarta.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Inggard Joshua.

Politisi dari Fraksi Gerindra mengimbau  Kesbangpol memperketat pengawasan dan lebih selektif dalam menerima usulan hibah yang berasal dari sejumlah golongan seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Organisasi Masyarakat (Ormas) ataupun binaan organisasi lainnya.

"Paling tidak meminimalisir (penyalahgunaan dana hibah), sehingga mereka tetap bersatu dalam wadah NKRI ini," kata Inggard berdasarkan keterangannya pada Kamis (24/2/2022).

Berdasarkan informasi rekapitulasi anggaran tahun anggaran 2022, Badan Kesbangpol DKI mengalokasikan pagu belanja hibah parpol Rp 27, 25 miliar dan belanja hibah bantuan keuangan Rp 13,65 miliar.

Dua pagu anggaran ini nantinya akan berbentuk dalam sejumlah kegiatan seperti seminar, gathering, hingga sosialisasi wawasan kebangsaan antar organisasi bekerja sama dengan Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) RI selaku pembina di tingkat pusat.

Guna meningkatkan pengawasan dana hibah, dikatakan Inggard, Komisi A meminta kepada Badan Kesbangpol agar menyampaikan proposal pengajuan dana hibah sesuai kebutuhan.

Termasuk, Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) yang diperlukan masing-masing organisasi.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved