Yayasan Kanker Payudara Indonesia

Linda Agum Gumelar Ketua YKPI Gandeng KPKP Tangerang Untuk Promosikan Deteksi Dini Kanker Payudara

Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan upaya deteksi dini kanker payudara melalui proyek percontohan telementoring ECHO

Editor: Umar Widodo
Istimewa
Ketua YKPI Linda Agum Gumelar bersama Yuli Zaki Iskandar Ketua Komunitas Peduli Kanker Payudara Kabupaten Tangerang (KPKPKT) didampingi Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar pada acara kerjasama secara daring, Rabu (16/2/2022) 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA – Menandai peringatan Hari Kanker Sedunia 2022, Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) dan Komunitas Peduli Kanker Payudara (KPKP) Kabupaten Tangerang menandatangani kerjasama  secara daring, Rabu (16/2/2022).

Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan upaya deteksi dini kanker payudara melalui proyek percontohan telementoring ECHO (Extension of Community Healthcare Outcomes).

Didukung pula oleh Pusat Kanker Nasional RS. Kanker Dharmais yang akan bertindak sebagai pengampu (hub), RSUD Tangerang sebagai rumah sakit yang diampu (spoke) serta Roche Indonesia yang merupakan mitra kerja Project ECHO global di Indonesia.

Kanker payudara merupakan jenis kanker tertinggi di Indonesia dengan 65.858 kasus baru (16.6 %) berdasarkan data Globocan, 2020.

Sekitar 70 persen pasien kanker payudara terdeteksi pada stadium lanjut, padahal jika terdeteksi lebih dini dan diterpi sesuai standar medis, peluang kesintasan mencapai lebih dari 90 persen.

Karena itu, upaya terintegrasi dari mulai promosi deteksi dini, diagnosa serta akses ke penatalaksanaan yang tepat sangat penting.

Sayangnya, pandemi Covid-19 berdampak terhadap upaya promosi dan edukasi tentang deteksi dini. Oleh sebab itu, inisiatif telementoring ini diharapkan bisa menjembatani hal tersebut.

Sesuai data Globocan 2020, di Indonesia terdapat kasus baru kanker payudara mendekati 66 ribu jiwa dengan tingkat kematian lebih dari 22 ribu jiwa.

“Kondisi kanker payudara di Indonesia ini cukup memprihatinkan dan perlu menjadi perhatian seluruh stakeholders (pemangku kepentingan) untuk menekan kejadian kasus baru kanker payudara stadium lanjut sebagai bagian dari upaya membangun kesehatan masyarakat yang lebih baik, “ ujar Linda Agum Gumelar, Ketua YKPI.

Linda Agum Gumelar 2
Linda Agum Gumelar Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI)

Yayasan Kanker Payudara Indonesia yang mempunyai Visi 'Indonesia Bebas Kanker Payudara Stadium Lanjut' melakukan program secara konsisten dan berkelanjutan tanpa mengenal lelah dengan melakukan berbagai aktivitas untuk mencapai visinya.

Halaman
123
Sumber: Tribun depok
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved