Syarif Bando: Gedung Layanan Perpustakaan Umum di Daerah Diharapkan Jadi Ruang Belajar Terbuka

Menurut Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando, perpustakaan tidak hanya untuk warga dalam usia pendidikan formal. 

Editor: Umar Widodo
Istimewa
Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando, bersama dengan Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan, meresmikan Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Deli Serdang, Jumat (11/2/2022). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Ign Agung Nugroho

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Hadirnya Gedung Layanan Perpustakaan Umum di daerah, diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat mengakses informasi melalui layanan perpustakaan.

Menurut Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando, perpustakaan tidak hanya untuk warga dalam usia pendidikan formal. 

"Semua pihak, bahkan ibu rumah tangga, anak-anak, atau bahkan pekerja-pekerja yang punya waktu luang untuk belajar dan membaca bisa memanfaatkan ini," kata Syarif Bando dalam siaran persnya saat meresmikan Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Deli Serdang, Jumat (11/2/2022).

Ia mengatakan, dengan diresmikannya  gedung layanan perpustakaan ini, seluruh masyarakat Deli Serdang, menjadikan perpustakaan sebagai ruang belajar terbuka.
 
Syarif Bando pun mengimbau agar perpustakaan daerah dapat menyiapkan buku-buku ilmu terapan, serta buku digital agar dapat dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan taraf hidupnya.

Pasalnya, perpustakaan harus inklusif sehingga dapat menjangkau masyarakat marjinal.

Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando
Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando (Istimewa)

"Apakah harus masuk lagi S2-S3 bagi orang yang sudah berkeluarga? Tidak mungkin. Tapi ada buku-buku ilmu terapan," katanya.

"Yang paling relevan itu. Dan inilah yang menjadi pekerjaan besar. Pesan saya, adakan buku-buku ilmu terapan untuk masyarakat dengan dibantu para pegiat literasi," kata Syarif Bando lagi.

Gedung Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Deli Serdang dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus fisik Subbidang Perpustakaan Tahun 2021 sebesar Rp 10 miliar.

Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan dalam sambutannya, mengaku ingin menyampaikan penghargaan kepada semua pihak, khususnya Presiden RI Joko Widodo.

Karena, tidak hanya karena bangunan yang dibiayai oleh APBN, tapi lebih dari itu, karena pokok-pokok pikiran beliau.

"Keinginan beliau untuk mewujudkan manusia yang cerdas, yang salah satu upayanya dilakukan melalui ketersediaan berbagai fasilitas. Dan perpustakaan merupakan salah satu fasilitas yang paling penting," kata Ashari.

Dalam kesempatan yang sama, juga dilakukan pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Deli Serdang Periode 2022-2024, Yunita Siregar.

Setelah itu, dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepakatan antara Perpusnas dengan Pemerintah Kab. Deli Serdang, Kab. Pakpak Bharat, Kabupaten Simalungun, serta kesepahaman bersama dengan Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara, dan Institut Kesehatan Medistra Lubuk Pakam. (ign).

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved