Liga 1

Riko Simanjuntak dan Beberapa Pemain Lainnya Terinfeksi Covid-19, PT LIB Duga Klub dan Pemain Lalai

Pemain Macan Kemayoran, Riko Simanjuntak diinformasikan menjadi suspek Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR)

Editor: Umar Widodo
Tribunnews/Abdul Majid
Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita 

Laporan wartawan tribunnews.com, Lusius Genik

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - PT Liga Indonesia Baru (LIB) segera menerapkan sistem bubble penuh demi mengantisipasi sebaran kasus Covid-19 di dalam kompetisi BRI Liga 1 musim 2021/2022.

Langkah tersebut diambil PT LIB setelah sejumlah pesepakbola di Liga 1 dipastikan terinfeksi Covid-19 dalam sepekan terakhir. 

Demikian disampaikan Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita saat dikonfirmasi Tribunnews.com, Sabtu (29/1/2022). 

"Sekarang juga mungkin kita akan kirim lagi surat (kepada klub-klub peserta Liga 1) bahwa kita ingin lagi menerapkan sistem bubble penuh," ujar Hadian. 

Sebelumnya lima pemain Arema FC dipastikan terinfeksi Covid-19. Mereka adalah Carlos Fortes, Renshi Yamaguchi, Sergio Silva, Adison Maringa dan Fabiano Beltrame.

Kasus infeksi Covid-19 lain yang baru-baru ini ditemukan di Liga 1 berasal dari klub Persija Jakarta. 

Pemain Macan Kemayoran, Riko Simanjuntak diinformasikan menjadi suspek Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dilakukan pada Rabu, 26 Januari 2022, kemarin. 

Pemain sayap Persija Jakarta Riko Simanjuntak positif Covid-19 dan jalani isolasi mandiri
Pemain sayap Persija Jakarta Riko Simanjuntak positif Covid-19 dan jalani isolasi mandiri (Media Persija)

Maraknya kasus infeksi Covid-19 di Liga 1 ini, diduga disebabkan lalainya klub ataupun individu dalam menjalankan protokol kesehatan. 

"Ada dugaan klub atau pemain itu sendiri mungkin mulai lalai. Menurut kami tentu ada kegiatan-kegiatan di luar liga yang mungkin jadi penyebabnya," ucap Hadian. 

Baca juga: Pemain Liga 1 Terpapar Covid-19, Menpora Pertanyakan Komitmen Klub Soal Janji Patuh Prokes

Baca juga: Kasus Omicron Meningkat, PT LIB Perketat Protokol Kesehatan Pertandingan BRI Liga 1 2021/2022

"Tapi kalau memang klub, harusnya semuanya kena, tapi ini kan satu-satu. Ini berarti tergantung aktivitas masing-masing pemain. Berarti individunya. Yang kena mungkin karena tidak disiplin menjalankan prokes," sambung dia. 

Atas dasar itu, PT LIB bakal mengirim surat imbauan kepada seluruh klub peserta Liga 1 agar menggencarkan penerapan protokol kesehatan. 

"Hari ini juga kita kirim surat ke klub-klub untuk menjaga prokes. Kita imbau dulu, kalau nanti dilanggar, tentu akan merugikan klub-klub itu sendiri," pungkas Hadian. 

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved