Pilkada 2024

Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Kepresidenan Berpeluang Jadi Pj Gubernur DKI Jakarta

Kepala Sekretariat Kepresidenan (Kasetpres) Heru Budi Hartono dianggap berpeluang mengisi kekosongan kursi yang ditinggal Anies pada 16 Oktober 2022

Editor: Umar Widodo
Tribunnews.com
Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Kepresidenan dinilai cocok dan layak untuk mengisi kekosongan kursi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta yang kosong setelah Anies Baswedan selesai pada Oktober 2022 

Laporan Reporter Wartakotalive.com, Fitriyandi Al Fajri

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Hiruk pikuk sosok Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta yang bakal diisi pada Oktober 2022 mendatang, kini mulai terdengar.

Kepala Sekretariat Kepresidenan (Kasetpres) Heru Budi Hartono dianggap berpeluang mengisi kekosongan kursi yang ditinggal Anies pada 16 Oktober 2022 sampai Pilkada serentak 2024 mendatang.

Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Ray Rangkuti mengatakan, idealnya ada empat kriteria bagi sosok aparatur sipil negara (ASN) untuk menempati Pj Gubernur DKI Jakarta.

Pertama, penempatannya sesuai administratif, misalnya jarak antara jabatan yang akan diisi tidak terpaut jauh dengan eselonnya sekarang.

Kedua, calon Pj Gubernur harus memiliki pengetahuan yang cukup terhadap kondisi jabatan yang akan ditanganinya.

Ketiga, memiliki kemampuan manajerial karena sebetulnya yang top bukan kemampuan politik bagi Pj, tapi manajerial.

Kriteria terakhir, kata Ray, figur calon Pj Gubernur harus memiliki prinsip-prinsip menjalankan pemerintahan yang baik (good governance).

“Jadi Penjabat (Pj) itu tidak bisa mengambil kebijakan politik, sehingga keputusan manajerial sangat dibutuhkan dalam jabatan ini,” lanjut Ray.

Dia berharap, kepada pemerintah pusat untuk memperhatikan kriteria tersebut agar sosok Pj Gubernur yang dipilih nanti dapat menjalankan pemerintahan yang baik.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved