Pembangunan Sekolah

Ingin Bangun Sekolah Islam, Pemkot Depok Siapkan MoU dengan Kementerian Agama Tahun Ini

Sudah ada beberapa lahan yang kita persiapkan, ada tiga lahan, ada yang 6.000 m2, 3.000 m2, dan lainnya. MoU ini semua aset dan SDM diurus Kemenag

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: Umar Widodo
TribunnewsDepok.com/Vini Rizki Amelia
Walikota Depok Mohammad Idris saat memberikan sambutan dalam Sidang Paripurna dengan agenda Pembukaan Masa Sidang Pertama Tahun Sidang 2022 di Gedung DPRD Kota Depok, Grand Depok City, Cilodong, Senin (3/1/2022). 

Laporan Wartawan TribunnewsDepok.com, Vini Rizki Amelia

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, CILODONG - Menanggapi penyampaian rencana kerja Komisi D DPRD Kota Depok yang salah satunya menyoroti terkait ketersediaan sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan tahun ini pihaknya akan segera melakukan memorandum of understanding atau MoU dengan Kementerian Agama, dalam pembangunan sekolah dasar islam tersebut.

Saat ini, Idris mengaku lahan untuk pembangunan sekolah-sekolah tersebut sudah disiapkan Pemerintah Kota Depok yang selanjutnya akan disesuaikan dengan kesepakatan yang akan dibuat antara Pemkot Depok dengan Kemenag.

"Sudah ada beberapa lahan yang kita persiapkan, ada tiga lahan, ada yang (luasnya) 6.000 m2, 3.000 m2, dan lainnya. MoU ini maksudnya kan semua aset dan SDM nantinya akan diserahkan ke sana (Kemenag)," tandas Idris kepada wartawan di Gedung DPRD Kota Depok, Grand Depok City, Cilodong, Senin (3/1/2022).

Dalam kesepakatannya nanti, Idris menyontohkan jika nantinya Pemkot Depok menyediakan lahan dengan luas sekitar 6.000 meter persegi, maka pihaknya tak ingin lahan tersebut hanya dibangun untuk satu sekolah saja.

"Misalnya Tsanawiyah dan Aliyah, atau Ibtidaiyah dan Tsanawiyah atau digabung, itu kan tergantung kementerian," paparnya.

"Dalam MoU juga kita akan tawarkan dulu, mudah-mudahan kementerian memberikan dananya di APBN, jadi kita lahannya. Sebenarnya sama saja karena untuk masyarakat juga," imbuhnya.

Mengenai kapan MoU tersebut dilaksanakan, Idris mengaku akan secepatnya bersurat kepada Kementerian Agama.

Baca juga: Walikota Depok Bagikan Sertipikat PTSL ke Berbagai Lembaga Saat Apel Peringatan Hantaru ke-61

 

"Kalau semua (proses MoU) sudah jalan, maka akan siap dibangun di tahun 2023," akunya.

Sebelumnya, anggota Komisi D DPRD Kota Depok Supariyono memaparkan pihaknya menemukan banyaknya masyarakat yang meminta Pemkot Depok tak hanya membangun sekolah-sekolah negeri melainkan juga sekolah berbasis Islam yakni MI, MTs, dan MA.

Hal itu dikatakan politisi PKS Kota Depok itu saat Rapat Paripurna dengan agenda Pembukaan Masa Sidang Pertama Tahun Sidang 2022 di Ruang Paripurna Gedung DPRD Kota Depok, Senin (3/1/2022).

 

Sumber: Tribun depok
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved