Metropolitan

10 Bulan Lagi Masa Jabatan Gubernur Berakhir, PKS Sampaikan Tujuh Pesan Kepada Anies Baswedan

10 Bulan Lagi Masa Jabatan Gubernur Berakhir, PKS Sampaikan Tujuh Pesan Kepada Anies Baswedan

Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan duduk bersama para buruh yang menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat pada Senin (29/11/2021) 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Jelamg berakhirnya masa jabatan Gubernur DKI Jakarta yang tinggal 10 bulan, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI Jakarta memberikan tujuh pesan kepada Anies Baswedan

Partai pendukung Anies ini memaparkan ada ragam persoalan yang menjadi polemik selama ini, mulai dari sepinya peminat hunian DP 0 Rupiah, rencana turnamen Formula E pada 4 Juni 2022 dan sebagainya.

Baca juga: Selama Pandemi Virus Corona, Kasus Pembegalan Melonjak di Kabupaten Bekasi

Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Achmad Yani membeberkan, pertama pihaknya meminta serta mendorong Anies dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria untuk fokus memenuhi janji kampanye yang belum terealisasi.

Dia mencontohkan seperti program DP 0 Rupiah, revitalisasi kampung melalui kampung susun dan kampung deret, peningkatan kualitas pelayanan air bersih, pemberdayaan perempuan terutama dalam bidang ekonomi, mengendalikan harga kebutuhan pokok, membangun taman pintar dan lainnya.

“Kedua, kami meminta Gubernur agar tetap konsisten untuk menghadirkan keadilan bagi warga Jakarta dalam proses pembangunan di Jakarta dan pembuatan kebijakan di Jakarta. Fraksi PKS akan terus mengawal upaya untuk mewujudkan keadilan ini khususnya bagi rakyat kecil,” kata Yani, Sabtu (1/1/2021).

Sementara untuk pesan ketiga, Fraksi PKS akan terus konsisten mengadvokasi warga Jakarta, khususnya kelompok masyarakat kecil demi mendapatkan haknya dalam pembangunan Jakarta.

Baca juga: Polda Metro Jaya Ingin Memanggil Bambang Pamungkas Terkait Kasus Penelantaran Anak

Melalui pembelaan ini, mereka diharapkan memperoleh kesejahteraan melalui fungsi pengawasan, anggaran dan legislasi.

Keempat, Fraksi PKS mengapresiasi penanganan Covid-19 melalui langkah kolaboroasi yang dilakukan Pemerintah DKI.

Yani menyadari dibutuhkan kerja sama yang kuat antara pemerintah, masyarakat, pelaku usaha, akademisi dan sebagainya untuk menangani dan menanggulangi pandemi Covid-19.

“Kelima, kami mendukung Pemprov DKI melakukan percepatan vaksinasi agar berdampak bagi pemulihan perekonomian terutama UMKM, retail, rumah makan dan pariwisata, sehingga perekonomian segera bangkit dan lapangan pekerjaan kembali terserap,” jelas Yani.

Baca juga: WHO Optimistis Pandemi Covid-19 Akan Dikalahkan pada 2022

Selanjutnya yang keenam, PKS mendukung upaya pembenahan birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik bagi warga Jakarta.

Hal ini sebagai bentuk pemenuhan janji kampanye serta merpercepat pelaksanaan Kegiatan Strategis Daerah (KSD) yang dampaknya dirasakan langsung oleh masyarakat.

Pesan terakhir atau ketujuh, PKS menyatakan kesiapannnya membantu proses transisi kepemimpinan Anies Baswedan ke tangan Penjabat (Pj) Gubernur yang ditunjuk pemerintah pusat pada Oktober 2022 mendatang.

Pj Gubernur yang diemban oleh birokrat dari lembaga vertikal tersebut diharapkan dapat meneruskan program Anies yang sudah baik diimplementasikan di lapangan.

“Pelaksana tugas Gubernur yang akan menggantikan dapat melanjutkan program-program yang sudah baik terutama dalam penataan Ibu Kota, peningkatan ruang publik, mewujudkan keadilan bagi warga masyarakat dan kesejateraannya terutama di lapisan bawah,” ungkapnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved