Ganjil Genap Depok

Polisi Hentikan Uji Coba Gage di Jalan Margonda, Masyarakat Diminta Tetap Tertib Berlalu Lintas

Satlantas Polres Metro Depok memutuskan untuk tak lagi melakukan uji coba ganjil genap (Gage) di Jalan Margonda Raya, Kota Depok.

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: murtopo
Muhamad Fajar Riyandanu
Suasana sosialisasi ganjil genap di Jalan Margonda Raya pada Sabtu (4/12/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsDepok.com, Vini Rizki Amelia

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, DEPOK - Setelah digelar selama dua pekan setiap Sabtu dan Minggu, akhirnya Satlantas Polres Metro Depok memutuskan untuk tak lagi melakukan uji coba ganjil genap (Gage) di Jalan Margonda Raya, Kota Depok.

Kasatlantas Polres Metro Depok Kompol Jhoni Eka Putra mengatakan, penghentian uji coba Gage didasari hasil evaluasi yang dilakukan.Dari data yang dimiliki, Jhoni mengatakan uji coba Gage mengalami peningkatan di area segmen satu yakni dari Simpang Ramanda menuju layang UI.

Mulai dari kecepatan laju kendaraan dan jarak tempuh sudah lebih baik. Antrean kendaraan juga tak lagi terjadi di kawasan Jalan Margonda Raya saat uji coba Gage diberlakukan.

Baca juga: Masuk Jalan Nasional, Dishub Depok Evaluasi Uji Coba Ganjil Genap di Jalan Margonda Raya Menyeluruh

"Tapi kinerja jaringan di jalur alternatif, panjang antrean (macet) bertambah, kecepatan melambat dan jarak tembuh juga bertambah, sehingga kami putuskan untuk tidak melanjutkan uji coba (Gage)," papar Jhoni kepada TribunnewsDepok.com melalui sambungan telepon, Jumat (17/12/2021).

Jhoni turut membandingkan penerapan Gage di Jakarta, di mana pelaksanaannya lancar. Sebab, kata Jhoni, Jakarta memiliki fasilitas pendukung seperti transjakarta, kereta, dan banyaknya jalur alternatif dengan ruas jalur yang besar.

Jika nantinya fasilitas dan penunjang lainnya di Kota Depok sudah lebih baik, Jhoni mengaku tak menutup kemungkinan uji coba Gage kembali di aktifkan.

Baca juga: Penindakan Pelanggar Ganjil Genap di Jalan Margonda Tunggu Peraturan Wali Kota Depok

"Bisa saja (diaktifkan) tahun depan atau dua tahun lagi kalau fasilitas yang lain mendukung seperti jalan alternatif sudah bagus, kalau sekarang kan jalur alternatifnya sempit sehingga menyebabkan antrean (kendaraan panjang)," paparnya.

"Dengan tidak dilanjutkannya uji coba ini kami juga mengambil langkah-langkah lain untuk mengatasi kemacetan," akunya.

Dengan tak lagi dilanjutkannya uji coba Gage, Jhoni mengimbau masyarakat untuk bisa lebih tertib lagi dalam berkendara. Hal ini untuk mengurangi tingkat kemacetan yang terjadi utamanya di kawasan Jalan Margonda Raya.

Baca juga: Perketat Ganjil Genap Puncak, Polres Bogor Terjunkan 250 Personil di Kawasan Puncak Akhir Pekan Ini

"Mengimbau masyarakat agar lebih tertib berlalu lintas, jangan sampai (kendaraannya) berhenti sembarangan sehingga menimbulkan antrean kendaraan," tutur Jhoni.

Jhoni kembali menegaskan jika pada akhir pekan ini atau pada 18-19 Desember 2021 hingga seterusnya, Jalan Margonda Raya tak lagi diberlakukan uji coba Gage.

"Besok semua kembali normal, kita fokus pada pelanayanan Natal dan Tahun Baru," tandas Jhoni.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved