Kabupaten Bogor

Hadapi Era Induatri 4.0, IPB Berikan Pelatihan Coding Bagi Siswa SMP-SMA di Bogor

Bertempat di SMPN 20 Bogor, pelatihan ini diberikan oleh dosen Manajemen Informatika dan Teknik Komputer Sekolah Vokasi IPB University.

Penulis: Hironimus Rama | Editor: murtopo
Wartakotalive.com/Hironimus Rama
Institut Pertanian Bogor University (IPB University) baru saja menggelar pelatihan coding bagi siswa SMP dan SMA di wilayah Bogor.  

Laporan Wartawan Wartakotalive.com Hironimus Rama

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, DRAMAGA - Institut Pertanian Bogor University (IPB University) baru saja menggelar pelatihan coding bagi siswa SMP dan SMA di wilayah Bogor.

Bertempat di SMPN 20 Bogor, pelatihan ini diberikan oleh dosen Manajemen Informatika dan Teknik Komputer Sekolah Vokasi IPB University.

Empat dosen yang menjadi pemateri adalah Medhanita Dewi Renanti, Walidatush Sholihah, Bayu Widodo, Sofiyanti Indriasari, dan Inna Novianty.

Medhanita Dewi Renanti mengatakan kegiatan ini didasari karena adanya era adaptasi baru dimana interaksi anak dengan gadget semakin sering.

Baca juga: Krimer Sawit Fakultas Teknologi Pertanian IPB Bisa Percepat Masak Rendang, Hanya Butuh Waktu Sejam

"Kemudahan mengakses internet dan kegiatan belajar mengajar secara daring menggunakan handphone/laptop selama pandemi membuat anak sering membuka permainan-permainan yang membuat mereka nyaman,” kata Medhanita, Kamis (16/12/2021).

Menurut dia, anak yang mempunyai kecenderungan bermain games, dapat diarahkan untuk membuat game edukatif sehingga anak lebih kreatif.

"Saat ini kita berada di industri 4.0 dan era society 5.0. Hal ini membuat anak harus dibekali ilmu computational thinking untuk melatih otak anak menyelesaikan masalah dengan mudah, berpikir secara logis, terstruktur, dan kreatif," paparnya. 

Menurit dia, coding dapat dijadikan sebagai pembelajaran yang mengarah ke tujuan tersebut. Dengan belajar coding, anak bisa membuat animasi, game, cerita dan aplikasi yang bermanfaat.

Baca juga: Mahasiswa IPB Meninggal di Kebun Kampus, Diduga Digigit Ular Kobra

"Tentunya hal ini sebagai salah satu bentuk pendidikan berkualitas dan peningkatan kualitas pembelajaran anak. Adapun manfaat coding adalah anak berpikir kritis dan positif, lebih kreatif, dan produktif,” jelas Medhanita. 

Ia menambahkan, pelatihan coding ini menggunakan website code.org dan https://scratch.mit.edu/. Dalam pelatihan ini, peserta membuat beberapa games edukatif yang dapat dimainkan dengan seru. 

"Pembuatan games itu relatif mudah karena menggunakan block-block programming dengan warna-warna yang membuat siswa mudah untuk melakukan pemasangan block-nya," ungkapnya.

Baca juga: Tinjau Vaksinasi Merdeka di Kampus IPB, Presiden Jokowi Minta Mahasiswa Jadi Duta Vaksinasi Covid-19

Dari pelatihan ini, lanjut Medhanita, siswa belajar menyelesaikan masalah secara sistematis menggunakan scratch. 

“karya atau produk yang dihasilkan ini membuat siswa maupun pemuda semakin percaya diri. Mereka dapat membuat karya yang bermanfaat dan sebagai salah satu peluang usaha di era adaptasi baru ini untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 20 Bogor Dwi Nurharyani, menyampaikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini.

"Pelatihan ini bersinergi dengan program sekolah dan berharap adanya kelanjutan program guna meningkatkan kualitas pembelajaran," tutur Dwi.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved