Ganjil Genap Depok

Belum 100 Persen Warga Depok Tahu, Satlantas Polres Metro Depok Gencarkan Sosialisasi Uji Coba Gage

Terdapat kemacetan di jalur alternatif, Satlantas Polres Metro Depok gencarkan sosialisasi Uji Coba Gage.

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: dodi hasanuddin
Tribunnewsdepok/Muhamad Fajar Riyandanu
Belum 100 Persen Warga Depok Tahu, Satlantas Polres Metro Depok Gencarkan Sosialisasi Uji Coba Gage. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, DEPOK, PANCORAN MAS - Belum 100 persen warga Depok tahu, Satlantas Polres Metro Depok gencarkan sosialisasi uji coba Gage.

Dalam uji coba ganjil genap (Gage) pada akhir pekan kemarin yakni 11-12 Desember 2021, Satlantas Polres Metro Depok mengatakan adanya kondisi di Jalan Margonda Raya atau di area diberlakukannya Gage.

Baca juga: Pulihkan Ekonomi, Sandiaga Uno Imbau Masyarakat Jangan Liburan ke Luar Negeri : di Indonesia Aja

Kasat Lantas Polres Metro Depok Kompol Jhoni Eka Putra mengatakan, untuk kemacetan dibandingkan akhir pekan sebelum diberlakukannya uji coba Gage, Jalan Margonda Raya sudah jauh berkurang.

Hal ini dikatakan Jhoni terlihat dari kecepatan kendaraan roda empat yang melintas di kawasan Gage.

"Kecepatan rata-rata sudah bertambah dari 20 KM/jam menjadi 27 KM/jam, itu rata-ratanya namun dari pengamatan kemarin memang setiap kendaraan bisa mencapai kecepatan lebih dari itu," kata Jhoni kepada TribunnewsDepok.com melalui sambungan telepon, Senin (13/12/2021).

Namun demikian, Jhoni mengatakan, kemacetan memang masih terjadi di jalur-jalur buangan atau yang akan menuju ke kawasan Gage.

Kemacetan tersebut dinilai Jhoni terjadi lantaran masih belum terinformasinya masyarakat terhadap uji coba Gage yang sudah diberlakukan sejak 4 dan 5 Desember 2021 lalu,

"Saat ini memang belum 100 persen masyarakat mengetahui adanya uji coba tersebut, kami akan terus melakukan sosialisasi ini," akunya.

Baca juga: Wali Kota Depok Ternyata Romantis, Suka Kasih Hadiah Cincin untuk Sang Istri di Hari Spesial

Hingga kini, Jhoni mengatakan pihaknya masih terus melakukan penghitungan perihal jumlah atau persentasi kendaraan roda empat pribadi yang melintasi jalur Gage.

"Namun untuk data kecepatan kemudian jarak tempuh memang sudah semakin cepat dibandingkan dengan sebelum ada Gage. Secara persentase memang lebih baik (Uji Coba Gage 11-12 Desember) dibandingkan dengan minggu sebelumnya," tuturnya. 

Belum 100 persen tersosialisasinya masyarakat terhadap uji coba Gage ini dikatakan Jhoni bukan berarti pihaknya tidak melakukan.

Baca juga: 130 Ekor Ular Ditangkap Damkar Depok, Kecamatan Sawangan Jadi Wilayah Terbanyak Penemuan Ular

Selain memasang spandung informasi di sejumlah titik, Jhoni mengaku pihaknya juga melakukan sosialisasi melalui siaran radio.

"Pada saat pelaksanaan (uji coba Gage) di lapangan juga kami beri tahu, di radio juga kami lakukan tetapi kan ada juga masyarakat yang tidak mendengarkan radio," akunya.

"Begitu juga dengan spanduk, bisa jadi tidak semua orang melihat spanduk informasi tersebut," paparnya.

Untuk uji coba selanjutnya yakni pada akhir pekan Sabtu dan Minggu atau 18-19 Desember 2021, Jhoni mengatakan akan terus dilakukan hal yang sama.

"Masih tetap dilakukan (uji coba Gage) sampai satu bulan ke depan, jumlah personel juga masih sama, titik check point juga sama, area Gage nya juga masih sama," tandasnya.

Baca juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Cabai dan Bawang Merah Naik di Bogor Naik

Sebelumnya, Satlantas Polres Metro Depok bersama Pemerintah Kota Depok memberlakukan uji coba ganjil genap di kawasan Jalan Margonda Raya.

Tepatnya di pertigaan Ramanda menuju Jakarta hingga ke layang Universitas Indonesia dan juga arah sebaliknya.

Uji coba Gage ini diberlakukan hanya untuk kendaraan roda empat pribadi yang dimulai sejak pukul 12.00 - 18.00 WIB.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved