Berita UI

Mau Produk Lokal? Klik di UKMJuWAra, Ada 100 Produk UMKM Binaan FEB UI, WhatsApp dan Kemendag

Ada 100 produk UMKM yang telah dibina FEB UI, WhatApp dan Kemendag. Mau beli produknya? klik saja UKMJuWAra.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
Mau Produk Lokal? Klik di UKMJuWAra, Ada 100 Produk UMKM Binaan FEB UI, WhatsApp dan Kemendag. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - Mau produk lokal? klik di UKMJuWAra, ada 100 produk UMKM ninaan FEB UI, WhatsApp dan Kemendag.

Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI), Kementerian Perdagangan RI, bersama WhatsApp mempersembahkan katalog digital bernama #UKMJuWAra.

Baca juga: Tim FMIPA UI Tanam 500 Bibit Bakau di Pantai Muara Beting, Muara Gembong Bekasi

Situs tersebut menampilkan transformasi, inspirasi, dan promosi UMKM Indonesia berupa katalog digital berisikan 100 UMKM terpilih dari program pelatihan Go Digital dan ScaleUp.

Situs tersebut diluncurkan dalam menyambut perayaan akhir tahun, dan diharapkan para pelanggan dapat mendukung UMKM lokal yang ada di dalam katalog tersebut.

Baca juga: UI Punya Pembangkit Tenaga Listrik Tenaga Sampah 234 kWh, Manfaatkan Sampah dan Limbah Organik

Pelanggan bisa menjelajahi katalog #UKMJuWAra berdasarkan kategori produk dan lokasi usaha, kemudian memesan langsung melalui tautan yang terhubung ke akun WhatsApp dan Instagram UMKM tersebut.

Situs www.ukmjuwara.id diluncurkan mengikuti langkah sukses pelatihan Go Digital di seluruh Indonesia, yang bertujuan mendorong pemulihan usaha dari dampak pandemi Covid-19.

Katalog ini menampilkan Program Pelatihan UMKM Go Digital dan ScaleUp bersama WhatsApp dan ukmindonesia, yang telah terkurasi karena mengoptimisasi teknologi untuk mengembangkan usaha. 

Selain itu, menjadi inspirasi bagi para UMKM lain untuk mengakselerasi transformasi digital mereka.

Lebih dari 7.000 UMKM di seluruh Indonesia telah mengikuti program pelatihan Go Digital dan ScaleUp, di mana mereka belajar cara memaksimalkan platform digital dan pembuatan konten untuk mempromosikan usaha mereka dengan lebih efektif kepada masyarakat luas.

Baca juga: FKG UI Berikan Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut 50 Kader Posyandu di Sukabumi

Untuk mengumumkan peluncuran situs ini, WhatsApp, UKM Indonesia, dan Kementerian Perdagangan mengadakan talkshow virtual bersama alumni UKM JuWAra 2020.

Chief Editor UKMIndonesia.id Dewi Meisari, katalog digital ini bertujuan untuk mendukung keberlanjutan program-program pelatihan UMKM yang sudah diinisiasi oleh WhatsApp dan UKM Indonesia selama dua tahun ke belakang.

“Kami melihat bagaimana UMKM telah berjuang untuk tetap bertahan dan pulih dari pandemi. Kami ingin mengubah hal tersebut dengan menyediakan pelatihan digital yang kami percaya dapat membantu perbaikan cara berjualan UMKM, yang sangat penting untuk meningkatkan omset," kata Dewi.

"Kami merekam semangat perbaikan dari pelaksanaan tugas dan interaksi pelatihan. Karena, percuma ilmu kalau tidak dipraktekkan. Nah, yang terbukti memiliki semangat maju tinggi ini kami fasilitasi untuk dipromosikan lebih lanjut agar brand mereka semakin mudah ditemukan oleh pelanggan, yaitu melalui situs mikro ukmjuwara.id. Seiring kami terus melatih lebih banyak UMKM, kami akan menambahkan UMKM yang terkurasi untuk dipromosikan melalui katalog tersebut di masa depan, agar terus berkelanjutan,” tambahnya.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan, mengatakan, untuk memungkinkan pemulihan ekonomi nasional, pemerintah telah memperkenalkan berbagai langkah untuk membantu UMKM beradaptasi dan bangkit kembali.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved