Breaking News:

Berita Nasional

Samarinda Jadi Prioritas Uji Petik KaTa Kreatif, Sandiaga Uno: Pulihkan Ekonomi-Buka Lapangan Kerja

Jadi Prioritas Uji Petik Dalam KaTa Kreatif, Sandiaga Uno Harapkan Peluang Usaha Terbuka di Kota Samarinda. Berikut Selengkapnya

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno ketika menghadiri Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2021 di Kota Samarinda, Kalimantan Timur pada Selasa (30/11/2021). 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, SAMARINDA - Bangkitkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi covid-19, Kota Samarinda terpilih menjadi satu dari 24 Kabupaten/ Kota terbaik dalam Kabupaten Kota (KaTa) Kreatif.

Terpilihnya Kota Samarinda disambut baik Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno.

Dirinya pun menegaskan bakal memprioritaskan Kota Samarinda untuk menjalani uji petik.

Tujuannya untuk meningkatkan kualitas ragam produk ekonomi kreatif khas Kota Samarinda, mengingat Ibu Kota Negara akan berada di Kalimantan Timur serta Kota Samarinda akan menjadi destinasi unggulan ke depannya.

"Hari ini kita menyelesaikan rangkaian kegiatan Kabupaten Kota (KaTa) Kreatif dan Samarinda mendapatkan amanah menjadi pamungkas dari program ini," ungkap Sandiaga Uno ketika meninjau Kabupaten Kota (KaTa) Kreatif di Kota Samarinda, Kalimantan Timur pada Selasa (30/11/2021).

"Alhamdulillah tadi sudah terpilih 24 Kabupaten Kota, dan Samarinda kita prioritaskan untuk mengikuti uji petik yang kita harapkan ekonomi kreatif di Samarinda, maupun di Kalimantan Timur akan bangkit," jelasnya.

Lebih lanjut dipaparkannya, dirinya melihat beragam produk ekonomi kreeatif, mulai dari kuliner, fesyen hingga pertunjukan seni musik yang akan ditingkatkan pemasarannya lewat digitalisasi dan kolaborasi.

Baca juga: Ameer Azzikra Berpulang, Sandiaga Uno Harapkan Semangat untuk Kembangkan Ekonomi Umat Tidak Surut

Baca juga: Buka Peluang Usaha, Sandiaga Uno Akan Kolaborasi Kemenperin-Sertifikasi Pengrajin Kapal Pinisi

Selain itu, lewat Gercep-gerak cepat, Geber-gerak bersama dan Gaspol-garap semua potensi, sektor ekonomi kreatif diyakininya akan menggerakkan perekonomian rakyat, menciptakan peluang usaha dan membuka lapangan kerja.

"Masa pandemi ini memang berat, tapi saya mengajak kita untuk bergandengan tangan, kita tidak punya pilihan lain selain menang, kita tidak punya pilihan lain selain berjuang, mari kita semua menangkap peluang," ungkap Sandiaga Uno.

"Oleh karena itu, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak, kita akan mendorong seluruh program agar tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu untuk membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja," jelasnya.

Baca juga: Buka Peluang Usaha & Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Hadirkan Inovasi Lewat Workshop Kreasi Indonesia

Baca juga: Makassar Jadi Epicentrum Ekraf Indonesia Timur, Sandiaga Uno: Kita Harus Gercep, Geber dan Gaspol

Pernyataan Sandiaga Uno disambut baik Wali Kota Samarinda Andi Harun.

Dirinya pun optimis perekonomian Kota Samarinda akan kembali pulih lewat beragam program yang dihadirkan, termasuk penetapan Sungai Mahakam sebagai destinasi unggulan.

"Satu yang sangat kita harapkan bersama bahwa bagaimana ekonomi kreatif kita tumbuh, terus berkembang dan berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi kita yang tergerus pandemi dan semua serba sulit," ungkap Andi Harun.

"Mudah-mudahan dengan kolaborasi Pemerintah Kota Samarinda, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Kemenparekraf, mimpi masyarakat Samarinda bagaimana Sungai Mahakam bisa menjadi tempat wisata kelas atas dapat terwujud," tutupnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved