Breaking News:

Pemkot Depok

Hingga Oktober, Ada 101 Kasus Kebakaran di Kota Depok: Mayoritas Karena Korsleting Listrik.

Selain korsleting listrik, kebakaran di wilayah Kota Depok juga dipicu oleh ledakan gas, bakar sampah, dan puntung rokok.

Muhamad Fajar Riyandanu
Suasana pasca kebakaran lapak rongsokan di RT 3/RW 11 Cijantung, Jakarta Timur pada Selasa (16/11/2021). 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, DEPOK - Kabid Pengendalian Operasional Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan atau Damkar Depok, Welman Naipospos, mengatakan telah terjadi 101 kasus kebakaran di Kota Depok sejak Januari hingga Oktober 2021.

Welman pun menyebutkan, mayoritas kebakaran yang terjadi dipicu oleh korselting listrik atau hubungan arus pendek. "Mayoritas korleting listrik," kata Welman saat dihubungi via pesan singkat WhatsApp pada Sabtu (27/11/2021), sore.

Selain korsleting listrik, kebakaran di wilayah Kota Depok juga dipicu oleh ledakan gas, bakar sampah, dan puntung rokok.

Baca juga: Ketua DPRD Kota Depok Minta Uji Coba Gage Dikaji Menyeluruh dan di Stop Jika Tidak Bermanfaat

Dari 101 kasus kebakaran yang terjadi, pada bulan Januari ada 10 kebakaran, Februari 4 kebakaran, Maret 9 kebakaran, April 12 kebakaran, Mei 9 kebakaran, Juni 9 kebakaran. Sedangkan bulan Juli 10 kebakaran, Agustus 15 kebakaran, September 12 kebakaran dan Oktober 11 kebakaran.

Masih menurut Welman, jumlah kebakaran di Kota Depok kian menurun pasca Pandemi Covid-19. Ia menduga, hal ini terjadi karena sebagian besar masyarakat melakukan aktivitas di rumah. "Masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah sehingga meningkatkan kewaspadaan," sambung.

Guna mencegah peristiwa kebakaran, Welman mengimbau kepada warga untuk sering mengecek instalasi listrik. Hal ini ia maksud untuk meminimalisir terjadinya korseling.

Welman juga meminta kepada masyarakat agar tidak membakar sampah secara sembarangan dan ditinggal begitu saja. Selain itu, para warga juga harus tertib dalam membuang puntung rokok dan jauhkan minyak dan gas dari sumber api.

"Serta cabut alat-alat elektronik yang tidak digunakan dan saat terjadi kebakaran, coba tidak panik dan bisa langsung menghubungi 112 atau menghubungi delapan unit Damkar terdekat dari lokasi," pungkas Welman. (Muhamad Fajar Riyandanu)

Baca juga: Ari Fahrial Syam Dekan FKUI 2021-2025, Bikin FKUI Pilihan Terbaik Jadi Dokter di Indonesia

 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved