Breaking News:

Berita UI

Terapkan MBKM, UI Bebaskan Para Mahasiswa Ambil 60 SKS di Luar Program Studi

UI memberikan ruang kepada mahasiswa selama tiga semester untuk bisa mengambil mata perkuliahan di luar program studi.

Editor: murtopo
TribunnewsDepok.com/Mochammad Dipa
Gedung Rektorat Universitas Indonesia. 

Laporan Wartawan Warta Kota, Muhamad Fajar Riyandanu

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, DEPOK - Universitas Indonesia (UI) menerapkan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) sejak tahun 2020.

Adapun program MBKM yang diselenggarakan oleh UI dimaksudkan untuk memberikan peluang kepada sejumlah mahasiswa yang ingin mengembangkan potensi diri di luar progran studi yang mereka ambil.

Hal tersebut dikatakan oleh Wakil Rektor Universitas Indonesia (UI) Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Abdul Haris.

Ia mengatakan, UI memberikan ruang kepada mahasiswa selama tiga semester untuk bisa mengambil mata perkuliahan di luar program studi.

Baca juga: Mahasiswa FTUI Borong Juara di Net Zero Healthy Building GBC IDEAS 2021, Wakil Indonesia di Hongkong

"Jadi kalau tiga semester, kita hitung itu kan per semesternya 20 SKS, sama saja dengan 60 SKS. Atau sekitar 40 persen dari total mata kuliah yang harus diambil oleh calon sarjana. Ini kan angka yang cukup besar," kata Haris pada Kamis (25/11/2021).

Lebih lanjut, Haris menjelaskan, apabila ada mahasiswa yang mengambil Jurusan Ilmu Sastra Jawa, maka mahasiswa yang bersangkutan selebihnya bisa mengambil mata kuliah di jurusan lain sesuai dengan minatnya.

"Misalnya mahasiswa Fakultas Ekonomi bisa ambil mata perkuliahan di Fakultas Teknik," sambung Haris.

Baca juga: Ini Trik dari Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan untuk Siswa yang Ingin Kuliah di UI

Masih menurut Haris, adanya program MBKM difungsikan untuk mengarahkan para mahasiswa UI kepada pilihan minat dan karirnya masing-masing.

"Artinya ini kesempatan kepada mahasiswa untuk mengarahkan kepada minat dan karir mereka ke depannya. Jadi banyak contoh mahasiswa yang tertarik dengan ilmu hukum, tapi tertarik juga di ekonomi. Ya ambil hukum dan ekonomi jadinya," paparnya.

Baca juga: Usung Empat Program Kerja, BEM UI Fokus Edukasi Hingga Promosi Produk UKM

Selain progran MBKM, guna mengoptimalkan proses pembelajaran, UI juga memberikan sejumlah beasiswa kepada mahasiswa yang berpestasi.

Beasiswa yang diberikan datang dari berbagai pihak, seperti beasiswa dari pemerintah maupun dari UI.

"Mahasiswa UI kemarin ada yang ikut Indonesian International Student Mobility, dibiayai oleh Dikti. Sekarang ini kesempatan untuk mendapatkan beasiswa itu sangat luas. Menurut saya ini juga merupakan bagian dari kompetisi ya, karena mereka dituntut untuk lebih baik, banyak belajar. Persaingan ketat tapi peluang banyak," pungkas Haris. (M29)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved