Pemkot Depok

Bunda Elly Sebut Dekranasda Depok All Out Produk UMKM Mendunia, Fokus Kuliner, Fesyen, dan Kerajinan

Dekranasda Depok All Out Produk UMKM Mendunia, Fokus Kuliner, Fesyen, dan Kerajinan. Hal itu disampaikan istri Wali Kota Depok Elly Farida.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Istimewa
Bunda Elly Sebut Dekranasda Depok All Out Produk UMKM Mendunia, Fokus Kuliner, Fesyen, dan Kerajinan. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - Bunda Elly sebut Dekranasda Depok all out produk UMKM mendunia, fokus kuliner, fesyen, dan kerajinan.

Jauh sebelum pandemi Covid-19 menghantam perekonomian di Indonesia, pemerintah kota Depok terkenal sangat peduli terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Baca juga: Mohammad Idris Sebut Masalah Depok Saat Hujan Hanya Genangan Air, Soal Banjir Limpahan Bogor

Salah satunya melalui Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda), sebagai bagian dari pemerintah kota Depok, gencar mendukung keberdayaan perempuan melalui peningkatan perekonomian para UKM perempuan.

Berbicara Dekranasda memang tidak bisa dilepaskan dari janji Wali Kota Depok, Mohammad Idris.

Baca juga: Dorong Kepulihan Ekonomi Kreatif, Mohammad Idris Borong Aneka Kuliner di Gebyar Seni Budaya & UMKM

Maka Elly Farida, sebagai pendamping sang Wali Kota Depok otomatis diserahi amanah menjalankan sejumlah program keberdayaan.

“Dekranasda berusaha untuk ‘all out’ dalam satu program bagi 5000 start up (UMK baru) dan 1.000 diantaranya untuk perempuan yang ingin memulai menjalankan usaha. Termasuk juga didalamnya mencoba bersinergi dengan dinas-dinas terkait, diantaranya dengan dinas perdagangan DKUM," kata Elly Farida.

"Bahkan kita sudah membentuk kepengurusan, termasuk didalamnya bersama para UKM,” tambsh Bunda Elly, sapaan akrab Elly Farida saat menjadi narasumber IG Live Nina Nugroho Solution, pada episode 104, mengangkat tema ‘Depok Bangkit, UMKM Berdaya’, beberapa waktu lalu.

Nina Nugroho Solution merupakan program corporate social responsibility dari PT Nina Nugroho Internasional yang bertujuan memberikan asupan informasi kepada para wanita dengan multi peran yang merupakan konsumen busana kantor Muslimah rancangan Nina Nugroho.

Baca juga: Rawan Longsor, Wali Kota Depok Bersurat ke Kementerian Minta Bantuan Cegah Meluasnya Bencana

Diselenggarakan setiap Jumat sore melalui akun Instagram @ninanugrohostore dengan mengundang para pakar dari berbagai bidang.

‘’Nina Nugroho Solution ingin menjadi ajang berkumpul bagi para wanita berdaya yang memiliki bermacam karya dan prestasi di bidangnya masing-masing,’’ urai Nina Nugroho.

Fokus Tiga Bidang

Sementara itu, dikatakan Bunda Elly, saat ini Dekranasda Kota Depok memfokuskan pembinaan pada 3 bidang, yaitu, kuliner, fashion dan craft.

Baca juga: Harga Minyak Goreng Curah Melambung, Omzet Penjual Gorengan di Bogor Turun 30 Persen

Termasuk pada masa pandemi, Dekranasda tetap mencoba mencarikan solusi agar perekonomian pelaku UKM terus berdenyut.

“Saat awal pandemi, UKM dari bidang fashion kami dorong untuk memproduksi APD sebanyak 700 pieces. Kemudian kami bagikan ke masyarakat. Hal ini tidak lepas dari proses pembinaan sehingga tidak hanya berbisnis. Saatnya kita juga harus peduli dengan satu kebutuhan masyarakat,” tutur Bunda Elly.

Istri Wali Kota Depok Elly Farida yang akrab disapa Bunda Elly bersama Nina Nugroho dalam acara Nina Nugroho Solution.
Istri Wali Kota Depok Elly Farida yang akrab disapa Bunda Elly bersama Nina Nugroho dalam acara Nina Nugroho Solution. (Istimewa)
Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved