Kabupaten Bogor

Bupati Bogor Ade Yasin Ingatkan Warga Waspadai Ancaman Bencana Banjir, Longsor & Angin Kencang

Bupati Bogor Ade Yasin mengingatkan masyarakat Kabupaten Bogor mengenai puncak ancaman atau resiko bencana hidrometeorologi

Penulis: Hironimus Rama | Editor: murtopo
Tribunnewsdepok.com/Hironimus Rama
Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengecek kesiapsiagaan BPBD dan Damkar Kabupaten Bogor menghadapi bencana pada Rabu (10/11/2021). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com Hironimus Rama

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG - Bupati Bogor Ade Yasin mengingatkan masyarakat Kabupaten Bogor mengenai puncak ancaman atau resiko bencana hidrometeorologi  seperti  banjir, longsor dan angin kencang yang kerap terjadi di Kabupaten Bogor.

"Saya menghimbau agar masyarakat dan jajaran penanganan kebencanaan meningkatkan kesiapsiagaan bencana guna mengantisipasi resiko bencana di Kabupaten Bogor," kata Ade.

Meskipun dalam kondisi siaga, Ade meminta masyarakat tidak perlu panik dan tetap tenang.

"Tetap berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah, mencari informasi valid melalui pihak-pihak terkait kebencanaan, serta tetap menjaga protokol kesehatan, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19,” pungkas Ade.

Baca juga: BPBD Kabupaten Bogor Pasang CCTV di Lokasi Rawan Banjir dan Siagakan Tim Reaksi Cepat

Memasuki musim hujan, Kabupaten Bogor menjadi daerah rawan bencana. Ada banyak bencana di wilayah ini saat intensitas hujan tinggi pada bulan November 2021 ini.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor pada 1-10 November 2021, terdapat 91 kejadian bencana alam yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bogor.

Rinciannya, tanah longsor 39 kejadian, banjir 9 kejadian, angin kencang 35 kejadian, pergeseran tanah 4 kejadian, dan lain-lain 4 kejadian. 

Untuk mengatasi terjadinya bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor telah melakukan sejumlah langkah.

Baca juga: Bencana Tanah Longsor di Kampung Keramat, Warga Berharap Pemkot Bogor Bangun Tembok Penahan Tanah

Selain melakukan mitigasi bencana, BPBD Kqbupqten Bogor juga menyiagakan 105 personel yang ditugaskan untuk bersiaga setiap hari.

"Ratusan personel BPBD terus siap siaga. Kami melakukan koordinasi dengan instansi lain, dalam upaya mitigasi bencana," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Yani Hassan, Kamis (11/11/2021).

Selama musim penghujan, lanjut Yani, hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Bogor berpotensi dilanda banjir, longsor atau terkena angin puting beliung.

Baca juga: Badai La Lina dan Bencana Ancam Kota Depok, Inilah Permintaan Politisi PKB Babai Suhaimi

Oleh karena itu, BPBD Kabupaten Bogor membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) agar dapat bertindak cepat untuk mengantisipasi bencana yang terjadi.

“TRC itu personelnya ada 105 orang yang dibagi menjadi tiga regu. Mereka terus bersiaga untuk mengantisipasi bencana yang terjadi, apalagi saat ini sudah mulai memasuki musim hujan,” jelas Yani.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved