Pemkot Depok

Kota Depok Kini Punya Gelanggang Olahraga Berstandar Nasional di Jalan Boulevard Grand Depok City

GOR berstandar nasional ini dapat dimanfaatkan oleh atlit maupun masyarakat umum lainnya sebagai sarana olahraga.

Penulis: Mochammad Dipa | Editor: murtopo
TribunnewsDepok.com/Mochammad Dipa
Wali Kota Depok Mohammad Idris melakukan penadatangan prasasti sebagai simbol peresmian dibukannya Gelanggang Olahraga (GOR) Kota Depok yang berlokasi di Jalan Boulevard Grand Depok City, Rabu (10/11/2021). 

Laporan Wartawan TribunnewsDepok.com, Mochammad Dipa

TRIBUNNEWSDEPOK.COM - Bertepatan dengan hari pahlawan, Rabu (10/11), Pemkot Depok resmi membuka Gelanggang Olahraga (GOR) Kota Depok yang berada di Jalan Boulevard Grand Depok City.

Peresmian dilakukan langsung oleh Wali Kota Depok Mochammad Idris.

GOR seluas 2.043 meter persegi ini dibangun diatas lahan seluas 4.000 meter persegi. Bangunan GOR terdiri dari tribun dengan kapasitas 900-1000 orang, lapangan multifungsi yang bisa dipakai untuk cabang olahraga voli dan basket, serta dilengkapi lahan parkir yang dapat menampung 50 kendaraan.

Wali Kota Depok Mohammad Idris, mengatakan bahwa pembangunan GOR Kota Depok ini masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021.

"Ini merupakan realisasi RPJMD dan kita masukkan dalam program Disporyata dalam rencana kerja 5 tahun waktu itu sampai tahun ini (2016-2021)," ucapnya.

Gelanggang Olahraga (GOR) Kota Depok yang dapat dimanfaatkan cabang olahraga voli dan basket.
Gelanggang Olahraga (GOR) Kota Depok yang dapat dimanfaatkan cabang olahraga voli dan basket. (TribunnewsDepok.com/Mochammad Dipa)

Baca juga: Wali Kota Depok Sebut Pahlawan Inspirasi Pemuda untuk Berjuang Melawan Kebodohan & Kemiskinan

Idris menyebutkan, GOR berstandar nasional ini dapat dimanfaatkan oleh atlit maupun masyarakat umum lainnya sebagai sarana olahraga.

"Keberadaan GOR merupakan penyokong akan terciptanya keadaan masyarakat yang sehat secara fisik karena dgn adanya keberadaan GOR telah memudahkan masyarakat untuk melakukan kegiatan olahraga dengan fasilitas profesional dan berstandar tinggi," ucap Idris.

Sementara itu, Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartanto dalam kesempatan yang sama menyebutkan, pemanfaatan GOR ini juga sebagai sarana pembinaan dan peningkatan prestasi bagi para atlit Kota Depok.

"Kami tantang KONI (Depok) mau masuk 10 besar di Jabar," sebut Imam.

Baca juga: Cerita Mpok Depok Risya Cahya Fadhila Tampil di Ajang Mojang Jajaka Jawa Barat 2021

Sebagai informasi, usulan pembangunan GOR Depok diajukan oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) pada 2017, yang dilanjutkan dengan pembuatan studi kelayakan pada 2018.

Kemudian pembangunan fisik GOR dilakukan secara dua tahap. Tahap pertama dilakukan pada 2019 dan tahap kedua pada 2021.

Pembangunan tahap pertama menelan anggaran sebesar Rp 18,8 miliar meliputi pekerjaan struktur tanah dan fondasi, atap, jembatan pertama, fasad depan, dan pemasangan daya listrik.

Baca juga: Komisi D DPRD Sebut Banjir di Depok Karena Ketiadaan Lahan Tanah Akibat Pembangunan 

Lalu pembangunan tahap 2 menelan anggaran Rp 11,9 miliar dengan meliputi pekerjaan struktur, arsitektur, sistem mekanikal, gedung utama, serta pembuatan sarana umum seperti jembatan dua, jalan dan drainase.

Nantinya pengelolaan GOR Kota Depok akan dipegang oleh Disporyata.

"Disporyata selaku user yang akan melengkapi fasilitas GOR yang belum lengkap, seperti ruang VIP AC nya belum ada, sebut Imam. (dip)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved